Lulusan Kinesiologi, Hindari Cidera saat Berolahraga untuk Semua Orang

Lulusan Kinesiologi, Hindari Cidera saat Berolahraga untuk Semua Orang

PEKANBARU, AKTUALDETIK.COM,-Kinesiologi berasal dari kata kines dan logos, kines adalah gerak, sedangkan logos berati ilmu, jadi kinesiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gerak, khususnya gerak pada manusia.

Ilmu ini dapat diaplikasikan terhadap prinsip-prinsip mekanik dalam gerak manusia yang disebut biomekanika atau biomekanik kinesiology sedangkan aplikasi anatomi dalam gerak manusia disebut anatomi kinesiologi.

Sehingga secara sederhana kinesiologi adalah mekanika pergerakan manusia(mechanics of human movement).Kinesiologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari gerakan manusia secara efisien, efektif dan aman.

Gerakan manusia yang efesien, efektif dan aman merupakan gerak yang baik dengan teknik yang baik. Karena setiap pola gerakan menggunakan energi yang efesien dalam mencapai hasil atau sasaran yang dituju serta terhindar dari cidera dalam melakukan gerakan.

Misalnya seorang pemain bola basket dalam memasukkan bola ke ring basket dengan pola-pola gerak atau teknik yang menggunakan energi seminim mungkin(efisien) dengan hasil bola masuk ke ring basket (efektif),

Adapun manfaat dari hasil kerja kinesiology yaitu:

a.Mengetahui seluruh kondisi kesehatan organ tubuh atau system organ dan metabolisme suatu zat dalam tubuh;

b.Mengetahui kondisi imunitas/ kekebalan tubuh dan seluruh gangguan alergi yang dialami;

c.Mengetahui keseimbangan vitamin dan mineral dalam tubuh;

d.Mengetahui keseimbangan hormonal tubuh;

e.Mengetahui respon tubuh terhadap zat, obat bahkan makanan, sehingga diketahui zat/obat/makanan apa saja yang cocok untuk tubuh;

f.Dapat mengetahui gangguan mental dan emosional, stress atau depresi yang mengganggu kesehatan tubuh;

g.Mengetahui tingkat kesehatan tubuh, baik yang normal ataupun yang menderita suatu penyakit, akut maupun kronis;

h.Membantu ketepatan suatu diagnosa dan terapi kasus kesakitan, serta respon tubuh (alergi/tidak atau cocok/tidak) terhadap suatu bahan/zat/obat.
 

Komentar Via Facebook :