Tes urine

Lapas Tanjungpandan Belitung Dikepung BNN Dan Polres Ada Apa ?

Lapas Tanjungpandan Belitung Dikepung BNN Dan Polres Ada Apa ?

Foto : Lapas Tanjungpandan saat dikunjungi BNN dan Polres

AKTUALDETIK.COM, Belitung - Dalam rangka menjalin sinergitas dalam upaya mewujudkan P4GN, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tanjungpandan Kanwil Kemenkumham Babel melakukan langkah – langkah 3 Kunci Pemasyarakatan Maju sesuai Perintah dari DirekturJenderal Pemasyarakatan.

Langkah yang dilakukan adalah Deteksi Dini Gangguan kamtib, berantas Narkoba dan Sinergitgas bersama APH. 3 Kunci Pemasyarakatan maju ini menjadi acuan Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan dan jajaran untuk menyatakan perang terhadap narkoba.

Tidak ingin kecolongan, Kalapas menyusun rencana bersama Kepala BNNK Belitung dan Kasat Reserse Narkoba Polres Belitung untuk melakukan test Urine secara mendadak dengan konsep Rapat Dinas dan Sosialisasi. Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala BNNP Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (8/7/2022).

Dalam arahannya, Kepala BNNP Kepulauan Babel Brigjen (Pol) M.Z Muttaqien S.H,S.I.K,M.A.P menjelaskan bahwa Dirjen Permasyarakatan sangat tegas dengan upaya pemberantasan narkoba di Lapas melalui 3 kunci Pemasyarakatan Maju.
Kepala BNNP juga mengapresiasi upaya kerja keras yang dilakukan Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan yang hingga saat ini mampu mempertahankan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Bersinar (Bersih Narkoba).

“Kami hadir disini sebagai bentuk dukungan kepada rekan – rekan jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, untuk bersama – sama komitmen menyatakan perang terhadap narkoba”, jelas Muttaqien

Kegiatan dilanjutkan dengan Test Urine Narkoba yang dipimpin langsung oleh Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan.

Kepada jejaring media ini, Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH menjelaskan dalam kegiatan tersebut  pihaknya menggandeng jajaran BNNK dan Polres Belitung.

"Personil yang dilibatkan dibagi menjadi 3 Tim dengan rincian Tim dari Sat Shabara Polres Belitung melakukan Pengamanan di ruang Toilet untuk Pengambilan Sample Urine, Tim Sat Reserse Narkoba melakukan Monitoring dan pengawalan di sekitar area kegiatan, dan Tim dari BNNK Belitung melakukan Registrasi dan Uji Sampling dari Sample Urine," jelas Kalapas.

Dalam test urine ini, Kalapas menjadi Sample Urine pertama yang dilakukan pemeriksaan, dengan didampingi langsung Ka BNNK Belitung dan Kasat Reserse Narkoba. Selanjutnya diikuti oleh seluruh jajaran dengan jumlah sample urine sebanyak 65 Sample.

"Puji Tuhan, seluruh Sample Urine dinyatakan Negatif Narkoba. Kami ucapkan terimakasih atas dukungan serta sinergitas yang terjalin sangat baik bersama Polres dan BNNK Belitung. Bahkan kegiatan hari ini langsung dihadiri Kepala BNNP Kepulauan Bangka Belitung. Hal ini tentu menjadi penguat energi kami untuk terus komitmen mengawal Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Bersinar (Bersih Narkoba)," ungkap Kalapas.

Dikesempatan yang sama Kepala BNNK Belitung Nasiruddin, S.Ag, M.MPd menjelaskan sinergitas yang dibangun Lapas Kelas IIB Tanjungpandan sangat baik.

Dikatalannya, pergerakan bersama ini sangat diperlukan dalam upaya P4GN dan sinergitas harus terjalin dengan baik guna memutus mata rantai peredaran dan penyalahgunaan narkoba serta bergerak aktif untuk saling mendukung menggiatkan program-program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dilingkungan Lapas.

"Kegiatan ini masih  dalam rangka peringatan Hari Anti Narkoba (HANI) Tahun 2022 yang kami gelar beberapa waktu lalu, dan kami memberikan Penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dan beberapa instansi lainnya dalam upaya P4GN. Bahkan Kalapas juga pernah mendapatkan penghargaan langsung dari Kepala BNNP Kepulauan Babel yang kita serahkan dalam kegiatan di Kantor Bupati Belitung beberapa waktu lalu," ungkap Kepala BNNK Belitung.

Bahkan ditegaskannya, "semoga kegiatan yang  positif ini dapat terus dipertahankan, dan kolaborasi yang  selama ini sudah terbangun dengan sangat baik sekali  harus dipertahankan, kami siap mendukung penuh,"pungkas tegas Nasirudiin. (Sinyu Pengkal)

Komentar Via Facebook :