Bupati Tapanuli Utara Sosialisasi Verifikasi Usulan Calon Penerima BSPS Tahap IX TA. 2022

Bupati Tapanuli Utara Sosialisasi Verifikasi Usulan Calon Penerima BSPS Tahap IX TA. 2022

Bupati Tapanuli Utara Sosialisasi Verifikasi Usulan Calon Penerima BSPS Tahap IX TA. 2022

TAPUT,AKTUALDETIK.COM

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Plh. Kepala Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Sumatera II yang diwakili Ibu Tani Frisda Sinaga dan Pejabat Pembuat Komitmen Rumah Swadaya dan RUK Iryanto Sirait didampingi Staf Ahli Administrasi Umum Alexander Gultom, Kadis Perkim Budiman Gultom dan Kabag Prokopim David Nainggolan melaksanakan sosialisasi Verifikasi Usulan Calon Penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)Tahap IX TA. 2022 Kabupaten Tapanuli Utara, bertempat di Aula Martua Kantor Bupati Tapanuli Utara, Rabu (29/06/2022).

Turut hadir Koordinator Kabupaten BSPS Tahan IX TA. 2022 Parlin Silaban di Kabupaten Tapanuli Utara Anggota DPRD Kab. Tapanuli Utara Rudi Nababan, Ombun Simanjuntak, Jimmy Tambunan dan Rido Sinaga serta para Camat dan Kepala Desa/ Kelurahan Penerima BSPS TA. 2022.

BSPS merupakan bantuan pemerintah berupa stimulan bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan/ peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum. Masyarakat yang mempunyai keterbatasan daya beli sehingga perlu mendapat dukungan pemerintah untuk memperoleh rumah masyarakat. Pelaksanaan kegiatan ini tetap berpedoman pada peraturan menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI nomor 07/PRT/M/2018

Dalam kesempatan tersebut Bupati Nikson Nababan memberikan arahan dan bimbingan. “Semenjak tahun 2015 sudah masuk aspirasi Bapak Sukur Nababan, jadi bila kita total sudah dari 8.500 unit bedah rumah yang terlaksana di Tapanuli Utara hingga tahun ini. Pesan yang saya sampaikan kepada kita semua bila bersyukur atas hal kecil kita maka hal besar akan diberikan kepada kita. Seperti yang disampaikan dari pihak Balai Pak Sirait bahwa 20% wajah BSPS Sumatera Utara adalah Tapanuli Utara, sesuatu yang sangat disyukuri buat perhatian putra daerah Taput terbaik.”ujar Bupati mengawali.

“Kepada Kepala Desa yang mendapat program BSPS Tahun 2022 ini agar lebih berperan aktif dalam membantu menyelesaikan persoalan yang terdapat di daerah masing-masing agar pelaksanaan BSPS tersebut tidak melewati tahun anggaran,” ujar Bupati menambahi.

“Seluruh kepala desa/lurah di Kab. Tapanuli Utara agar lebih aktif dalam pelaksanaan pendataan dan selalu melakukan updating database RTLH (Rumah Tidak Layak Huni), sehingga data yang disajikan dalam aplikasi E-RTLH selalu yang terbaru dan dapat dipertanggung jawabkan. Saya meminta agar pendataan yang dilaksanakan harus berdasarkan faktor kelayakan dengan mempertimbangkan keswadayaan calon penerima bantuan.

“Kepada Ibu Sinaga dan Pak Sirait dari Balai dan para kepala desa dan tim verifikasi agar kerja kompak dilapangan dan verifikasinya bisa dituntaskan secepatnya,” ujar Bupati mengakhiri.

Di kesempatan sebelumnya Kepala Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Sumatera II yang diwakili Ibu Tani Frisda Sinaga dan Pejabat Pembuat Komitmen Rumah Swadaya dan RUK Iryanto Sirait memberikan sambutannya.

“Perlu kami sampaikan kepada para Camat dan Kepala Desa bahwa Program BSPS ini hadir di Kabupaten Tapanuli Utara berkat upaya dan usaha dari Bapak Bupati Nikson Nababan dan Bapak Anggota DPR-RI Sukur Nababan sebanyak 1.500 unit yang sama dengan 30 Miliar rupiah dimana anggaran tersebut ada di Kementrian PUPR sebagai pengelola.

Program ini bisa sukses terlaksana berkat mitra terbaik antara Kepala Daerah, anggota DPR dan anggota PUPR. Harapan kami adalah kita bisa duduk sama rendah, berdiri sama tinggi, kami mengajak kita semua yang terlibat dalam program ini berkiblat atau berpedoman pada petunjuk teknis (juknis) yang ada. Sangat dibutuhkan kolaborasi untuk kita bersama. Untuk Sumatera Utara dari 33 Kabupaten Kota 20% wajah BSPS ada di Kabupaten Tapanuli Utara.”ujar Iryanto Sirait.

“BSPS adalah program yang lebih di kenal dengan Bedah Rumah yaitu program dari Kementrian PUPR dibawah Dirjen Perumahan yang dimana hari ini Balai ditugaskan sebagai perpanjangan tangan dari Direktorat yaitu Balai Pelaksana Perumahan. Sebagai informasi bahwa 1500 unit ini tersebar di 15 Kecamatan, untuk 107 Desa di Kabupaten Tapanuli Utara di mana 27 desa sudah pernah mendapatkan alokasi yang sama di tahun 2021, saya informasikan kembali pak Bupati bahwa di tahun 2021 Taput juga mendapat 1.500 alokasi dari Pak Sukur Nababan juga. Dari hal tersebut kita bisa melihat bersama perhatian Pak Sukur Nababan dan Bapak Bupati Taput Nikson Nababan sangat besar pada Kabupaten Tapanuli Utara terkait RTLH. Untuk itu kami mohon bantuan dan dukungan dari para Camat dan Kepala Desa juga pemerintahan kabupaten agar pelaksanaan BSPS di Kab. Taput ini bisa berjalan lancar dan sesuai dengan waktunya. ” tutur Tani Frisda Sinaga.

Sesuai dengan Juknis Program ini membutuhkan dana pendampingan dari Kepala Daerah maka pada kesempatan tersebut pihak Kepala Balai memberikan secara simbolis Surat Edaran dari Kementrian PUPR Kepada Balai kepada seluruh Kepala Daerah yang ada di Sumatera Utara tentang juknis Penyelenggaraan BSPS yang efektif dan efisien dan pedoman bagi Pemda sebagai bentuk komitmen dalam kegiatan BSPS agar Bupati/Walikota berkenan menyediakan dana pendamping antara lain digunakan untuk kegiatan verifikasi dan pemutakhiran data perumahan, sosialisasi dan penyuluhan masyarakat, pemantauan serta evaluasi.

Dikesempatan yang sama mewakili Para Kepala Desa, Kepala Desa Hutatoruan I Kecamatan Tarutung Ruben Lumbantobing mengucapkan terima kasih.

“Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Bupati Nikson Nababan khususnya Bapak DPR-RI Sukur Nababan putra terbaik Tapanuli Utara yang telah banyak memberikan perhatian kepada Kabupaten Tapanuli Utara. Kami harapkan kedepannya makin banyak putra daerah yang bisa seperti beliau.

Kami mendoakan yang terbaik untuk Pak Bupati dan pak Sukur Nababan yang tidak pernah mengenal lelah demi percepatan pembangunan di Tapanuli Utara,” ungkap Ruben Lumbantobing.

(Ali)

Komentar Via Facebook :