Hut Kota Amlapura ke-382

Kapolres Karangasem Hadiri Upacara Hari Jadi Kota Amlapura ke-382 Tahun 2022

Kapolres Karangasem Hadiri Upacara Hari Jadi Kota Amlapura ke-382 Tahun 2022

Kapolres Karangasem AKBP Ricko A. A. Taruna, S.H., S.I.K., M.H., M.M., Menghadiri Undangan Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kota Amlapura yang ke-382 Tahun 2022 Dengan Tema " Udhaka Anjali Kerthi" Bertempat di Lapangan Tanah Aron, Rabu, 22/06/2022.

KARANGASEM. AKTUALDETIK..COM - Kapolres Karangasem AKBP Ricko A.A. Taruna, S.H., S.I.K., M.H., M.M., menghadiri undangan dalam rangka Upacara Bendera memperingati hari jadi Kota Amlapura yang ke-382 tahun 2022 dengan  tema "Udhaka Anjali Kerthi" Memuliakan Air Untuk Kesejahteraan Manusia bertempat dilapangan Tanah Aron, Rabu 22/06/22.

Hadir dalam kegiatan Upacara Bendera tersebut Bupati Karangasem I Gede Dana, S.Pd., M.Si., selaku Pembina Upacara, Ketua DPRD Kabupaten Karangasem I Wayan Suastika, ST, Kapolres Karangasem AKBP Ricko A.A. Taruna, S.H., S.I.K., M.H., M.M., Dandim 1623/ Karangasem Letkol Inf. Sutikno, S.M., Kajari Karangasem Aji Kalbu Pribadi, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Amlapura Roni Widodo, S.H., M.H., Perwakilan Bupati se-Bali, Sekda Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta, ST., MT, Jajaran OPD Pemkab Karangasem, Para pimpinan Parpol yang ada keterwakilan di DPRD Kabupaten Karangasem, Mantan Bupati/Wakil Bupati Karangasem periode sebelumnya, Para pimpinan BUMN dan BUMD Kabupaten Karangasem, Ketua KPU Karangasem Ngurah Gede Maharjana, S.H., Ketua Bawaslu Kab Karangasem Putu Suastrawan, S.T., Perwakilan dari organisasi profesi Kabupaten Karangasem, Muspika (Camat, Kapolsek dan Danramil) se-Kabupaten Karangasem, Tokoh Puri Karangasem, Bendesa Adat Madya dan Bendesa Alitan Kabupaten Karangasem, Para pimpinan ormas keagamaan Kabupaten Karangasem, Para Perbekel se-Kabupaten Karangasem, Para Ketua BPD dari 51 Desa yang melaksanakan Pilkel serentak tahun 2022, Para Ketua Panitia Pilkel serentak tahun 2022 (51 Desa yang melaksanakan Pilkel serentak tahun 2022 Kabupaten Karangasem), 51 orang Calon Perbekel terpilih yang akan dilantik didampingi istri/suami masing-masing, Rohaniawan Hindu dan Islam.

Sambutan Gubernur Bali yang dibacakan oleh Bupati Karangasem selaku Pembina Upacara pada intinya bahwa pada kesempatan yang berbahagia ini "Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh komponen masyarakat dan seluruh jajaran Pemerintahan Kabupaten Karangasem yang telah berperan aktif, bahu membahu berupaya untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan bahagia secara sekala dan niskala, memberikan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Karangasem pada khususnya dan Provinsi Bali pada umumnya. 

Usia 382 tahun dalam perjalanan sebuah Kota menunjukkan usia yang sangat matang dan teruji dari berbagai pengalaman. Untuk itu saya harapkan pelaksanaan peringatan Hari Jadi Kota Amlapura ini, bukanlah kegiatan Seremonial belaka, namun hendaknya merupakan momentum untuk introspeksi dan perencanaan ke depan yang lebih baik demi terwujudnya masyarakat yang mandiri, sejahtera, berdaya saing dan berlandaskan Tri Hita Karana sebagai bagian dari masyarakat Bali Era Baru.

Pada Peringatan Hari Jadi Kota Amlapura Ke-382 dengan tema “Udhaka Anjali Kerthi” Memuliakan Air Untuk Kesejahteraan Manusia” memiliki makna sangat relevan dengan arah kebijakan dan pelaksanaan pembangunan Bali dengan nilai-nilai yang menyatukan Alam, Krama (manusia), dan Kebudayaan sebagai satu kesatuan kehidupan yang menjaga keharmonisan / keseimbangan / keselarasan secara niskala dan skala yang bersumber dari filosofi Tri Hita Karana dan nilai-nilai adat, agama, tradisi, seni dan budaya, serta kearifan lokal Bali yang dikonsepsikan dalam ajaran Sad Kerthi, yang salah satunya adalah Danu Kerthi.

Dimana secara skala Danu Kerthi kita laksanakan dengan menghormati, menjaga kelestarian dan kealamian sumber-sumber air tawar seperti danau, berbagai sumber mata air dan sungai. Agar tidak rusak atau tercemar oleh perilaku yang tidak terpuji.

Melalui peringatan Hari Jadi Kota Amlapura Ke-382, saya menegaskan kembali bahwa Pembangunan Kabupaten Karangasem merupakan bagian integral dari pembangunan Daerah Bali. Sangat relevan dan bersinergi dengan kebijakan pembangunan Provinsi Bali yang Terpola, Menyeluruh, Terencana, Terarah dan Terintegrasi sejalan dengan Visi Pembangunan Provinsi Bali yaitu  “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana yang mengandung makna “Menjaga kesucian dan keharmonisan Alam Bali beserta isinya. Untuk mewujudkan kehidupan krama dan gumi Bali yang sejahtera dan bahagia, skala-niskala” sesuai dengan prinsip tri sakti Bung Karno : Berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan”. Demikian sambutan dari Saya DIRGAHAYU KOTA AMLAPURA KE 382. (C/S)

Komentar Via Facebook :