Masadepan Kota Pekanbaru??

Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, Tegas, Patuh Pada Pimpinan, Pekanbaru Bersih, Titik, IYS Bicara

Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, Tegas, Patuh Pada Pimpinan, Pekanbaru Bersih, Titik, IYS Bicara

Foto: Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, S.STP., MAP

PEKANBARU AKTUALDETIK.COM - Tak dapat di pungkiri, sejak Muflihun, atau sapaan akrabya, Uun, di percaya Negara menjadi Pj Walikota Pekanbaru, menggantikan Firdaus, ST, MT karena habis masa kepemimpinan, suasana di Pemerintahan Kota Pekanbaru pun berubah dan sedikit menegangkan. Jumat, 10/08/2022.

Apa gerangan yang terjadi? Persisnya tidak ada yang tahu, yang pasti, pemimpin muda dan berbakat ini sejak menduduki kusri kepemimpinan Walikota Pekanbaru, tidak pernah berhenti melakukan tugas lapangan, berkeliling dan langsung melihat kondisi Kota Pekanbaru secara langsung.

Tak pelak lagi, dari hasil survey yang dilakukan nya setiap hari, menemukan berbagai masalah yang sangat krusial, menyangkut banjir, sampah yang menumpuk dimana-mana, yang belakangan kerap menjadi masalah sosial, belum lagi soal tunggakan pembayaran honor RT/RW, Tunda Bayar rekanan, dan masih banyak lagi, sehingga menambah beratnya beban yang akan di pikul oleh seorang Muflihun, mantan Sekretaris DPRD Riau 10 tahun.

Namun dalam setiap rapat koordiansi dengan para OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru, Muflihun yang acapkali berkata akan patuh pada pimpinan itu, pun tidak pernah mencerminkan rasa pesimis, melainkan dengan semangat muda dan karakteristik kepemimpinan yang ia miliki, ia justru memacu semangat para kepala dinas dan badan yang praktis berada dibawah komandonya.

,"Tugas ini berat dan kompleks, saya tidak ingin menyalahkan siapa-siapa atau mencari kambing hitam, melainkan saya minta kita semua bisa bahu membahu dan bersinergi dengan baik, kita harus punya semangat yang sama dalam memperbaiki Kota Pekanbaru ini, saya minta semua dapat bekerja dengan ekstra, jangan hanya berteori, atau rapat-rapat aja, tunjukkan perbuatan nyata sekecil apapun, tetapi bermanfaat bagi masyarakat," sebut Muflihun, pada kesempatan Rapat di Gedung Walikota Pekanbaru, Tenayan Raya.

Dari beberapa minggu pasca menjabat Pj Walikota Pekanbaru, Uun ternyata tidak melihat adanya kinerja yang signifikan, khususnya dari OPD DLHK Kota Pekanbaru, dalam membersihkan sampah. Pj Walikota Pekanbaru lulusan IPDN ini pun mulai mengeluarkan jurus "Pamungkas", yakni pernyataan tegas dan beresiko.

,"Kalau sampah ini masih terus menumpuk dimana-mana, seperti yang saya lihat sendiri, maka saya akan evaluasi Rekanan dan seperti apa isi kontraknya, saya akan cek dimana masalah nya. Jika yang ada hanya alasan ke alasan, soal armada, dan lain-lain, itu bukan urusan kami, ikuti aja sesuai isi kontraknya, jika tidak, maka kan saya evaluasi, karena lebih baik Rekanan yang saya evaluasi daripada saya yang di evaluasi karena sampah ini," Ujar Pj Walikota Pekanbaru, Uun tegas.

Melihat keseriusan dan gaya kepemimpinan Pj Walikota Pekanbaru, Uun, salah satu anggota DPRD Kota Pekanbaru, yang tak asing lagi dimata masyarakat Kota Pekanbaru, yakni Ida Yulita Susanti (IYS) yang juga seorang abdi rakyat yang berkarakter tegas itu menyampaikan beberapa langkah penting yang disebutnya barangkali bisa di aplikasikan oleh Pj Walikota Pekanbaru.

,"Untuk penanganan sampah di kota Pekanbaru dengan pola angkat angkut buang saat ini itu belum efektif sama sekali, karena hanya akan menghabiskan APBD," sebut Ida yang juga kerap turun ke kalangan masyarakat bawah ini.

Dari wawancara dengan awak media ini, Ida mengatakan, dirinya selaku anggota DPRD Pekanbaru, akan berusaha optimal melakukan fungsi kontroling terhadap penyelenggaraan pemerintah Kota Pekanbaru, termasuk soal sampah yang disebutnya hingga saat ini belum beres. Walikota Pekanbaru, Muflihun. Menurutnya, sosok figur pemimpin di Kota Pekanbaru saat ini tidak cukup hanya pintar atau baik dimata masyarakat, melainkan seorang pemimpin yang mampu secara nyata menyelesaikan berbagai persoalan krusial Kota Pekanbaru. 

,"Maka menurut saya, kontrak dengan pihak ke tiga sudah dilakukan maka Pemko harus melakukan ini, yakni: Pertama Meninjau ulang kembali kontark dengan pihak ke tiga. Kedua, Meninjau ulang kembali pola penanganan sampah baik yang di kontrakkan ke pihak ketiga maupun yang di kelola secara mandiri oleh DLHK. Sedangkan yang ketiga adalah Memberdayakan camat dan lurah beserta RT/RW dalam penanganan sampah dengan sistem pembagian tugas fungsi dari DLHK kepada camat dan lurah," urai Ida Yulita Susanti dari Fraksi Golkar ini.

Ida melihat, jika pemimpin Kota Pekanbaru bisa terus menujukkan sikap seriusnya, dan fokus menangani beberapa permasalahan yang krusial saat ini, maka ia yakin, Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, akan mampu menyelesaikan satu persatu, bersama-sama dengan para kepala OPD terkait.

,"Kuncinya adalah, Fokus dan punya kemauan keras. Strateginya saya kira Pj Walikota sudah punya, dan boleh di coba apa yang saya sampaikan, semoga membantu, lalu semangat yang sama dengan para OPD terkait harus berjalan seirama dengan Pj, jika tidak itu semua hanya mimpi. Lebih baik Pj juga harus berani mengevaluasi pejabat yang tidak mampu. Buat apa duduk menjabat tapi tidak mampu, kan percuma, berikan jabatan kepada siapapun yang mampu melakukan tupoksinya dengan baik," pungkas Ida, yang juga konsen dengan memberi masukan terhadap penanganan sampah Pekanbaru itu.

(Feri.S)


 

Komentar Via Facebook :