Permudah Persaingan Usaha dengan Aplikasi Komputer Bisnis

Permudah Persaingan Usaha dengan Aplikasi Komputer Bisnis

AKTUALDETIK.COM,- Aplikasi bisnis yaitu suatu aplikasi komputer atau perangkat lunak komputer untuk menunjang kegiatan bisnis suatu perusahaan. aplikasi ini kebanyakan digunakan untuk bisnis lewat media internet.

Pada dasarnya teknologi informasi (aplikasi bisnis salah satunya) dapat dan memang sebaiknya dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk membuat usahanya semakin efisien, dan mendorong usaha tersebut memiliki daya saing yang lebik dibanding usaha lainnya.

Di era industri 4.0 persaingan bisnis dan usaha semakin ketat. Semua pihak berusaha melakukan pengembangan bisnis atau usahanya dengan cara memanfaatkan dan menerapkan teknologi komputer dan komunikasi yang semakin canggih.

Keberhasilan pengembangan ini perlu didukung oleh tenaga ahli yang menguasai bidang komputer bisnis.

Komputer bisnis adalah perangkat (hardware dan software) yang digunakan sebagai alat bantu untuk mengelola data menjadi informasi yang berguna bagi kegiatan bisnis atau usaha, serta dalam penerapan dan pelaksanaannya dibutuhkan sumber daya manusia brainware yang handal.

Terdapat beberapa manfaat dari penggunaan teknologi komputer di dalam dunia bisnis, diantaranya adalah

Mengefisienkan aktivitas bisnis, Mempermudah pertukaran informasi untuk berjalannya bisnis,  Memberi keuntungan lebih besar dari hasil berbisnis

Dalam Sistem Bisnis, Komputer diorientasikan untuk melaksanakan fungsi-fungsi Operasional perusahaan, Intensif data dan pengolahan data yang berulang-ulang

Contoh Aplikasi komputer Bisnis sebagai berikut

•Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Sistem penjualan, Piutang dagang,Transaksi. Dll

•Sistem Informasi Pemasaran (SIPEM)

•Sistem Pengelolaan Persediaan (biaya bunga, Barang Gudang, Penyimpanan barang, biaya penyediaan, dan Kerusakan barang) LIFO, FIFO

Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan untuk memproses gaji, data statistik, dan akunting (keuangan).

Sistem komputer melakukan otomatisasi pekerjaan-pekerjaan rutin kantor. Banyak bisnis sudah menggunakan sistem komputer untuk pengawasan stok barang, membuat laporan keuangan, meramal, dan merencanakan bisnis masa depan.

Bagi dunia bisnis, jejaring telekomunikasi awalnya digunakan seperti halnya jejaring listrik, distribusi air, dan jejaring utilitas lain. Ini merupakan sumber yang penting, tetapi dulu perusahaan memiliki pengaruh yang kecil.

Perusahaan-perusahaan memiliki pilihan yang terbatas atas layanan yang diperoleh dari penyediaan layanan yang dikelola secara monopoli.

Sekarang bisnis menggunakan TIK itu sangat menguntungkan hanya dengan menggunakan teknologi seperti internet, anda dapat mempromosikan bisnis anda secara online (E-commerce) dengan cakupan dunia.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.

Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

Namun, dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.

Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.

Komentar Via Facebook :