MTQ

Desa Palas Adakan MTQ Ke II Tingkat Desa

Desa Palas Adakan MTQ Ke II Tingkat Desa

Foto : Camat Pangkalan Kuras Firdaus Wahidin bersama Kepala Desa Palas Samsari AS membuka Acara MTQ II Tingkat Desa

PELALAWAN AKTUALDETIK.COM-

Musabaqah Tilawatil Quran (bahasa Arab: مسابقة تلاوة القران‎, disingkat MTQ) adalah perhelatan keagamaan Islam Indonesia yang bertujuan untuk mengagungkan Al Quran. Pada perhelatan, peserta berkompetisi mengaji Al-Qur’an.

 

Kegiatan MTQ ke II Tingkat Desa di Desa Palas Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan,Riau di buka secara resmi oleh Camat Pangkalan Kuras Firdaus Wahidin,M.Si. pada hari Selasa 21 Desember 2021. Ba’da Isya.

 

Turut hadir di acara pembukaan MTQ, Camat Bandar Pangkalan Kuras Firdaus Wahidin,M.Si. Kepala Desa Palas H Samsari,A.S. Kapolsek Pangkalan Kuras AKP A Chandra Pietama, Kodim 0313/KPR Koramil Pangkalan Kuras Kapten Infantri Masrah.

 

Camat Pangklan Kuras, Firdaus dalam sambutannya,”semoga kegiatan MTQ ke II Tingkat Desa di Desa Palas dari awal hinga berahirnya kegiatan nantinya berjalan dengan baik.

 

“Semoga dengan kegiatan MTQ ini,nantinya dapat menciptakan kecintaan,keimanan kita terhadap kitab Suci Al – quran dan mendapatkan bibit – bibit calon peserta MTQ yang terbaik untuk mengikuti kompetisi ke tingkat yang lebih tinggi lagi,”harapnya.

 

Di tambahkan Camat Pangkalan Kuras, Untuk tahun 2021, kegiatan MTQ di Tingkat Kecamatan Pangkalan Kuras di tiadakan, anggaran sangat minim sekali karena kebutuhan untuk Covid – 19,” terang Firdaus Wahidin,M.S.i.

 

Kepala Desa Palas sekaligus Kepala Adat (Suku) anak kemanakan Batin Sengeri, H Samsari,A.S memaparkan.

 

“Dengan Semangat MTQ ke II Tingkat Desa di Desa Palas Kita Bangun Generasi Yang Cerdas dan Berakhlakul Karimah.

 

“Tangung jawab pimpinan di tingkat desa itu bukan hanya sebatas pembangunan infrastruktur saja tetapi harus dilakukan secara keseluruhan.

 

“Membangun mental generasi anak – anak dan remaja sejak dini adalah tangung jawab kita semua, pintar dan cerdas juga berhasilnya anak – anak di desa Palas kelak akan menjadi kebanggaan kita semua,”ucapnya.

“Jadi, maksud tujuan dan target yang dicapai dalam kegiatan MTQ ke II di Desa Palas ini ialah agar bisa meningkatkan dan mengembangkan potensi keilmuan dan kreativitas peserta MTQ yang berkondisi lebih baik dalam hal mencintai dan mengamalkan isi ajaran Al -quran.

 

“Dapat menjalin tali sirahturahmi dan kebersamaan seluruh masyarakat desa Palas.umumnya, khususnya bagi.peserta MTQ.Dan dapat mencintai budaya dan tradisi membaca serta mencintai Al-quran sebagai kitab suci yang berisi petunjuk hidup kita semua.

 

“MTQ bukan hanya sekedar ajang beradu bakat keahlian membaca Al-quran dan menghafalkannya tetapi harus bisa memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan dan pengembangan ajaran Al-quran agar tercipta Islam, insan dan Iman yang berakhlak mulia juga bervisi jauh kedepan dalam membina dan mengembangkan nilai-nilai dan falsafah ajaran Al-quran,”jelas H Samsari.AS.

 

Ketua Panitia Perhelatan MTQ ke II Tingkat Desa Palas, Sukirman menyampaikan,” sangat mengapresiasi Kepala Desa Palas H Samsari,AS atas dukungan kegiatan ini.

 

“Di tengah padatnya aktivitas Kepala Desa Palas saat ini, kami selaku aparatur desa dan tokoh masyarakat juga tokoh agama dan seluruh masyarakat agar kegiatan MTQ dan kegiatan agama lainnya tetap di kedepankan,” karena hanya amal ini yang kelak menjadi bekal kita di akhirat nanti,”cetusnya.

 

“Kegiatan ini kita laksanakan untuk para remaja putra putri di bawah usia 17 tahun dengan di ikuti oleh 16 Peserta.

 

“Di jadwalkan seluruh rangkaian acara akan selesai selama 3 hari, yaitu mulai hari Selasa 21/12/2021 dan penutupan hari Kamis 23/12/2021 malam Jumat Ba’da Isya.

 

“Acara Perhelatan MTQ ke II Tingkat Desa Palas tetap mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes).

 

( Sarumpaet )

Komentar Via Facebook :