Realita Penegakan Hukum Terhadap Ilegal logging Riau

Aktifitas Ilegal Logging di Rohil Riau Diduga Kerjasama Dengan Oknum Polisi, TNI, PT Diamond Dan PT

Aktifitas Ilegal Logging di Rohil Riau Diduga Kerjasama Dengan Oknum Polisi, TNI, PT Diamond Dan PT

Foto: Koordinator JIKALAHARI, Made Ali, SH, saat memberikan pandangan pihaknya atas realitas Praktik Ilegal logging di Kabupaten Rohil dan Siak, serta bentuk penegakan hukum yang dilakukan penegak hukum

PEKANBARU AKTUALDETIK.COM - Ganasnya praktik kejahatan kehutanan dan lingkungan di kabupaten Rohil dan Kota Dumai Riau, menjadi pertanyaan masyarakat luas, khususnya Jaringan Penyelamat Hutan Dan Lingkungan Riau (Jikalahari). 19/11/2021.

Menurut Made Ali, SH, selaku koordinator Jikalahari, pihaknya telah lama mengetahui aktifitas penebangan kayu secara ilegal (Ilegal Logging) khususnya di areal konsesi perusahaan PT Diamond dan PT RUJ di kabupaten Rohil dan meliputi kota Dumai Riau.

,"Saya tidak kaget ketika mendengar rekan-rekan media menemukan kegiatan deforestasi besar-besaran itu. Itu sudah lama sekali terjadi, dari tahun ke tahun, waktu ke waktu, praktik itu terus terjadi, seakan tidak ada hukum lagi di negeri ini, perusahaan PT Diamond dan PT RUJ juga harusnya bisa dimintai pertanggungjawaban nya, "sebut Made.

Menurut Made Ali pihaknya merasa kecewa menyaksikan seluruh penyelenggaraan negara khususnya di bidang kehutanan dan lingkungan hidup di provinsi Riau. Pasalnya masyakarat yang cenderung di kambing hitamkan, padahal otak pelakunya banyak juga dari kalangan oknum TNI dan Polisi setempat.

,"Kita juga tau itu, sampai pihak Gakkum KLHK wilayah Riau tidak berani menindak, lantaran pemainnya tentara dan polisi, sementara mereka hanya PPNS, mereka ketakutan," ungkap Made Ali.

Sementara menurut Made Ali, apa yang dilakukan oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, SH.,SIK. M.Si, di kabupaten Siak dan Kapolres Rohil, AKBP Nurhadi Ismanto, SH.,SIK di kabupaten Rohil, disebutkan Made sudah merupakan hal biasa, sebagaimana di lakukan oleh Kapolda-kapolda sebelumnya.

,"Yang paling mengundang tawa apa yang dilakukan Kapolres Rohil, AKBP Nurhadi Ismanto SH, SIK. Wartawan bisa menemukan ratusan kubik di dalam hutan areal PT RUJ, sementara pihak Polres Rohil hanya menemukan 4 kubik papan, itu pun di sebuah desa, dan tidak ada pemiliknya. Semoga Kapolda Riau mencatat kinerja bawahnya ini," pungkas Made.

Hal itu dikatakan Made Ali, Lantaran ia melihat tindakan Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi di Giam Siak Kecil cukup mengundang apresiasi publik, karena turun langsung ke kawasan hutan konservasi itu, sementara Kapolres Rohil hanya menemukan 4 kubik papan di sebuah desa, dan itu pun tidak diketahui pemiliknya.

(Fer)

Bagi masyarakat yang memiliki informasi atau mengetahui kejadian/peristiwa dimanapun atau ingin berbagi foto dan video, silakan dikirim ke nomor WA:  0812 6830 5177 - Atau EMAIL redaksi : aktualdetik19@gmail.com.

JANGAN LUPA 
Mohon dilampirkan data pribadi


 

Komentar Via Facebook :