Kejanggalan dan peraturan yang diperbuat oleh Pangulu Hinalang

Walnayan Purba Kepala Desa Hinalang Tidak Memberdayakan Masyarakatnya

Walnayan Purba Kepala Desa Hinalang Tidak Memberdayakan Masyarakatnya

Foto Plang Proyek

SIMALUNGUN AKTUALDETIK.COM - Puluhan Masyarakat Desa Hinalang Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun Sumatera Utara sangat berkeberatan dengan keputusan dan tindakan seorang pangulu yang bernama Walnayan Purba.

Menurut keterangan warga masyarakat Desa Hinalang ketika di konfirmasi kru media ini mengaku, kalau Walnayan Purba sebagai Pangulu/Kepala Desa di Hinalang, dengan sesuka hatinya membuat suatu peraturan dan keputusan untuk melakukan program kerja di bidang pemerintahan.

Yang aneh nya, ditengah PPKM level 4, saat ini, ada dana bantuan desa dari pemerintahan kabupaten Simalungun ke Desa Hinalang sebesar Rp. 331.267.000; Namun Walnayan Purba Pangulu Hinalang tersebut, menggunakan pekerja dari masyarakat luar Hinalang. Menurut nara sumber yang layak di percaya. Masyarakat Hinalang sepertinya tidak bisa diandalkan atau dimanfaatkan.

"Kami selaku masyarakat di desa hinalang ini berharap dan meminta dengan tegas kepada Bupati Simalungun Radiapo Hasiholan Sinaga. Segera menindaklanjuti adanya keluhan kami masyarakat tentang kejanggalan dan peraturan yang diperbuat oleh Pangulu Hinalang. Setiap kami masyarakat desa hinalang kecamatan purba mempertanyakan sesuatu hal kepada Walnayan Purba Pangulu tersebut, Walnayan selalu memberikan jawaban kepada kami yang mengatakan kalau kami tidak mengerti apa-apa tentang program pemerintahan." Jelas puluhan masyarakat Hinalang pada hari senin, 30 Agustus 2021 sekitar pukul, 12.56 wib di salah satu warung kopi didesa Hinalang tepatnya di lokasi bangunan Balai Desa tersebut.

Kemudian ada salah seorang warga diantara dari puluhan masyarakat tersebut, mengaku pada kru media ini dengan mengatakan kalau Walnayan Purba selaku Pangulu di Desa Hinalang, terkesan Otoriter dan melanggar prokes ditengah PPKM yang sampai saat ini masih berkelanjutan.

Alasan seseorang tersebut mengatakan hal seperti itu, dikarenakan Walnayan Purba selaku Pangulu, telah mempekerjakan masyarakat luar Hinalang, untuk mengerjakan proyek pembangunan balai pertemuan tersebut. Kalau pangulu dipertanyakan dirinya selalu merasa terhebat dan Walnayan merasa mengetahui semuanya.

"Lang sonai, ailang iarusih ham ai. Kan ahu do pangulu lang siam? asei ai, ahu ma sukkun siam asei hupatugah hubai siam sonaha kejelasanni"  Yang artinya

"Tidak begitu, dan kalian tidak tau. Lagian kan yang kepala desa itu saya,, bukan kalian." tuturnya warga menirukan bahasanya pangulu Hinalang pada kru media ini.

"Sementara semuanya kita sudah mengetahui kalau saat ini peraturan PPKM di Siantar Simalungun sangat ketat. Akan tetapi Walnayan Purba kepala Desa hinalang memberlakukan pekerja proyek bangunan Balai Pertemuan tersebut orang dari luar desa Hinalang. Apa sih maksutnya pangulu itu? Atau jangan-jangan ada dugaan kalau maksut dan tujuannya Walnayan Purba pangulu itu supaya dirinya dan perangkat desa bebas melakukan korupsi ia? Hal ini kami tidak tinggal diam begitu saja. Kami sebagai warga Hinalang akan melakukan tindakan tentang proyek balai desa yang di kerjakan oleh masyarakatnya luar. Karena ini sangat menimbulkan kecurigaan ada kecurangan pangulu dalam melaksanakan bangunan tersebut. Tambah nya warga Hinalang. Sembari mengakhiri percakapannya.

 (Bes74)

 

Bagi masyarakat yang memiliki informasi atau mengetahui kejadian/peristiwa dimanapun atau ingin berbagi foto dan video, silakan dikirim ke nomor WA:  0812 6830 5177 - Atau EMAIL redaksi : aktualdetik19@gmail.com.
JANGAN LUPA 
Mohon dilampirkan data pribadi.

Komentar Via Facebook :