PHK Sepihak

PT. Mekar Sari Alam Lestari (MAL) Diduga Melakukan PHK Sepihak

PT. Mekar Sari Alam Lestari (MAL) Diduga Melakukan PHK Sepihak

Ketika awak media ini komfirmasi dengan ketua DPC FSPNI, Politinus Giawa, dikantor Dinas tenaga kerja Pelalawan, Kamis 5-Agustus-2021

PELALAWAN AKTUALDETIK.COM - PT. MAL diduga melakukan Pemutusan Hubungan Tenaga kerja sepihak, pemutusan hubungan tenaga kerja sepihak ini berlangsung bulan Maret- 2021. Pemutusan hubungan tenaga kerja ini sudah sampai ke Dinas tenaga kerja Pelalawan, melalui laporan Fedarasi Serikat Pekerja Nasional Indonesia (FSPNI). 

Ketika awak media ini komfirmasi dengan ketua DPC FSPNI, Politinus Giawa, dikantor Dinas tenaga kerja Pelalawan, Kamis 5-Agustus-2021, Politinus menyampaikan bahwa persoalan ini sudah ditangani oleh Disnaker Pelalawan bahkan sudah melakukan panggilan mediasi pertama dan kedua.

Klein kami Herman Harianto ini sudah bekerja selama lima tahun, namun perusahaan memutuskan PHK sepihak ini pada bulan Maret-2021.

Alasan pihak Perusahaan memutus hubungan kerja terhadap Hermanto, dituduh mencuri buah sawit perusahaan, sementara dalam pemeriksaan Polisi atau dalam BAP nama Hermanto tidak tercantum dalam BAP tersebut, artinya klien kami tidak ada mencuri atau tidak terlibat tegas Politinus. Jadi klien kami tidak boleh di PHK oleh Perusahaan, karena didalam undang- undang tidak boleh melakukan PHK secara sepihak. Namun harus ada terlebih dahulu perundingan.

Apabila perusahaan melakukan PHK tanpa adanya penetapan tersebut, maka PHK yang dilakukan batal demi hukum tegas Politinus.

Lanjut Politi namun panggilan mediasi yang kedua ini Kamis 5 Agustus 2021, pihak dari PT. MAL tidak dapat hadir, alasan pihak Perusahaan tersebut karena PPKM.

Politinus mengatakan itu merupakan bukan alasan yang tidak tepat, dan Perusahaan jauh sebelumnya meminta kepada pihak Desnaker agar mediasi ini dilakukan pada hari Kamis 5-8-2021, namun mereka tidak hadir. Kami dari FSPNI merasa kecewa atas ke tidak hadiran Perusahaan tersebut.

Ditepat terpisah awak media ini juga komfirmasi dengan Kabid Hubungan Industrial dan Syarat-syarat Kerja, Iskandar, M.Si. Iskandar mengatakan kalau pun PPKM, pihak Perusahaan PT.MAL kan bisa membuat surat kami lagi Mediasi ke Desnaker, dan kami pun sudah membuat surat resmi kepada Perusahaan untuk melakukan mediasi tersebut. Ini merupakan alasan yang dibuat- buat oleh Perusahaan atau alasan yg kurang tepat. Dasar memang niat tidak mau datang, jangan membuat alasan yang tidak tepat," ungkap Iskandar.

Jadi langkah- langkah selanjutnya kami akan membuat panggilan yang ketiga. Jika pihak perusahaan tidak juga menghadirinya maka kami dari Desnaker akan bertindak tegas dan membuat anjuran sesuai dengan Undang-Undang ketenagakerjaan.


( Tim)

Bagi masyarakat yang memiliki informasi atau mengetahui kejadian/peristiwa dimanapun atau ingin berbagi foto dan video, silakan dikirim ke nomor WA:  0812 6830 5177 - Atau EMAIL redaksi : aktualdetik19@gmail.com.
JANGAN LUPA 
Mohon dilampirkan data pribadi.

Komentar Via Facebook :