Kejari Pelalawan Selamatkan Uang Negara

Selamatkan Uang Negara, Seksi Pidana Khusus Kejari Pelalawan Eksekusi Uang Pengganti 500 Juta

Selamatkan Uang Negara, Seksi Pidana Khusus Kejari Pelalawan Eksekusi Uang Pengganti 500 Juta

Ekspos Kegiatan Kejari Pelalawan Eksekusi Uang Pengganti Rp. 500 Juta Rupiah

PELALAWAN AKTUALDETIK.COM - Seksi Pidana Khusus Kejari Pelalawan yang dijabat oleh Andre Antonius, S.H.,M.H berhasil selamatkan dan pulihkan keuangan Negara melalui proses eksekusi uang pengganti sebesar 500 Juta, 29/7/2020.

Kejaksaan merupakan lembaga pemerintah yang melaksanakan kekuasaan Negara di bidang penuntutan dan sebagai pelaksana 
penetapan hakim yang mempunyai kekuatan hukum tetap, sebagaimana 
dijelaskan dalam undang-undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana. 

Berkaitan dengan tugas dan fungsinya tersebut, Kejaksaan mempunyai peran sentral dalam pengembalian kerugian keuangan Negara hasil dari tindak pidana korupsi.

Dalam proses pengembalian kerugian keuangan negara, Kejaksaan mempunyai kewajiban untuk mengembalikan keuangan negara akibat tindak pidana korupsi baik melalui pidana denda ataupun melalaui pidana tambahan berupa pidana uang pengganti sebagaimana diatur Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 jo Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor).

Dalam rangka Penyelamatan Pemulihan Keuangan Negara tersebut pada hari ini Rabu Tanggal 29 Juli 2020 melalui seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Pelalawan telah melaksanakan eksekusi Uang Pengganti atas nama terpidana Al Azmi, SH sebesar Rp500.000.000,- (lima Ratus juta rupiah) berdasarkan Putusan Peninjauan Kembali dalam perkara Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Tanah untuk Perluasan Perkantoran Dinas Bhakti Praja T.A 2007, 2008,2009, dan 2011 di Kabupaten Pelalawan.

,"Ini adalah hasil dari upaya kerja keras kami dan tim Jaksa Eksekutor kejaksaan Negeri Pelalawan dibawah kepemimpinan bapak Kajari Pelalawan Nophy Tennophero South, SH,.M.H, kita berharap melalui penindakan ini, sekaligus kita lakukan upaya maksimal bagaimana memulihkan dan menyelamatkan keuangan Negara," Sebut Kasi Pidsus Kejari Pelalawan, Andre Antonius, S.H.,M.H.

Menurutnya tindakan pidana korupsi yang tetap marak saat ini dilakukan oleh para pejabat di berbagai wilayah khususnya di kabupaten Pelalawan, akan berdampak buruk pada program pembangunan dan ekonomi daerah, sehingga pihaknya terus bekerja baik secara persuasif melalui pembinaan untuk mencegah korupsi, dan penegakan hukum yang profesional.

Selanjutnya melalui Bendahara Penerima Kejari Pelalawan Langsung menyetorkannya ke Kas Negara melalui Bank BRI Kantor Cabang Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan

Editor : Feri Sibarani
Sumber : Kejari Pelalawan

Bagi masyarakat yang memiliki informasi atau kejadian/peristiwa ditengah masyarakat, atau ingin berbagi foto
Silakan chat ke 0812 6830 5177
Atau EMAIL redaksi : aktualdetik19@gmail.com
Mohon dilampirkan data pribadi

 

 


 

Komentar Via Facebook :