Gerhana Bulan

Gerhana Bulan Akan Melintasi Langit Kepri

Gerhana Bulan Akan Melintasi Langit Kepri

Ilustrasi Gerhana Bulan

TANJUNGPINANG AKTUALDETIK.COM - Masyarakat wajib tahu, akan ada fenomena alam langka yaitu gerhana bulan total yang bakal terjadi sore ini, Rabu (26/05).

Fenomena ini dapat disaksikan disejumlah wilayah di Indonesia termasuk Kepulauan Riau (kepri) dengan waktu yang berbeda-beda.

Berdasarkan rilis data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat yang disampikan Prakirawan BMKG Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Robbi, diketahui Kepri termasuk dalam wilayah yang dapat melihat fenomena langka tersebut.

Dalam data tersebut tertulis bahwa Kepri baik itu Kota Tanjungpinang, Batam, Bintan, Karimun, Lingga, Natuna dan Anambas akan dilintasi gerhana bulan total pada kurun waktu yang bersamaan, yakni pada pukul 18.18 wib.

“Untuk fenomena gerhana bulan total ini dapat dilihat dengan mata langsung, tanpa harus menggunakan alat khusus atau sebagainya,” sebut Robbi.

Robbi menampik anggapan sebagian masyarakat yang menganggap panas yang tak biasa terjadi di Kota Tanjungpinang beberapa hari ini merupakan bagian dari fenomena gerhana bulan total itu.

“Itu tidak benar, gerhana ini lebih ke kondisi pasang surut. Jadi intinya, kondisi pasang surut memang dipengaruhi oleh gaya gravitasi benda-benda di langit termasuk bulan.

Pasang atau surut kuat utamanya terjadi pada fase bulan penuh atau bulan mati. Nah, itu terjadi pada saat nanti gerhana bulan penuh,” jelas Robbi.

Untuk cuaca yang dirasa sangat panas beberapa hari ini, menurut Robbi disebabkan karena kondisi distribusi awan-awan hujan yang kurang mendukung. Pengamatannya suhu panas yang terjadi ini masih tergolong normal.

“Kondisi panas masih termasuk normal, hampir tiap tahun terjadi, dan menurut data normal kami cuaca berapa hari ini bukan sesuatu yang ekstrim. Data kami mencatat suhu paling maksimum itu bernilai 34.8 derajat celcius yang pernah terjadi di Tanjungpinang dan sekitarnya, sementara suhu menerpa hari ini menurut pengamatan kami masih normal", tukasnya.

 (lan)

Bagi masyarakat yang memiliki informasi atau mengetahui kejadian/peristiwa dimanapun atau ingin berbagi foto dan video, silakan dikirim ke nomor WA:  0812 6830 5177 - Atau EMAIL redaksi : aktualdetik19@gmail.com.
JANGAN LUPA 
Mohon dilampirkan data pribadi.

Komentar Via Facebook :