Peningkatan Kualitas UMKM

Ganjar Pranowo Ingin Ada Shopee Center di Desa Berdayakan UMKM

Ganjar Pranowo Ingin Ada Shopee Center di Desa Berdayakan UMKM

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo bahas pemberdayaan kemitraan dan peningkatan kualitas UMKM Indonesia bersama CEO Shoppe

SEMARANG AKTUALDETIK.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak Shopee untuk berkontribusi nyata dalam pemberdayaan dan peningkatan kualitas UMKM Jateng. Ia pun mendorong agar ada Shopee Center di desa untuk meningkatkan kapasitas penjualan UMKM di sana.

Hal ini disampaikan Ganjar, usai bertemu CEO Shopee dan Executive Direktor Rajawali Foundation bersama dalam rangka merencanakan program pemberdayaan, kemitraan dan peningkatan kualitas UMKM Indonesia, khususnya di Jawa Tengah, di ruang kerjanya, Selasa (18/5/2021).

"Dia ingin meningkatkan kapasitas penjualan wabil khusus produk UMKM. Lha ini saya tertarik sekali ini, kepeduliannya kepada UMKM sama. Nah dia siap bantu," kata Ganjar.

Bantuan yang ditawarkan Shopee adalah dengan menjualkan dan meningkatkan kapasitas penjualan. Namun, menurut Ganjar itu saja tidak cukup. Sehingga, dia mendorong Shopee bisa lebih bergerilya lagi mendorong UMKM yang ada di desa.

"Buat saya tidak cukup kalau kita hanya naruh saja di marketplace-nya. Tapi mau nggak kemudian ada training, ada bantuan atau Shopee investment untuk satu teknologi pelatihan. Ternyata dia mau dan akan membuat shopee center di beberapa desa," ujar Ganjar.

Shopee Center ini nantinya diharapkan bisa memberdayakan UMKM yang ada di Desa. Dia mengambil contoh produk unggulan dari Banyumas, Gula Semut. Shopee Center mengambil peran memberikan pelatihan tak hanya soal kuantitas namun juga kualitas.

Contoh lain, Ganjar mengatakan, produk batik yang menjadi khas Solo Raya dan Pekalongan Raya. Shopee Center dapat berperan untuk melatih UMKM untuk meningkatkan dari sisi kuantitas untuk pasar lokal dan kualitas untuk pasar internasional.

"Dan itu disetujui, maka saya pengin komitmennya diwujudkan dalam bentuk shopee center yang ada di desa," tandasnya.

Dalam pertemuan tersebut, hadir Co Founder SEA Group (Shopee) Gang Ye, Executive Director Rajawali Foundation Agung Binantoro, Senior Manager Rajawali Foundation Anugraha Dezmercoledi, dan Shopee Representative, Kiki.

Di pertemuan itu pula, Ganjar memamerkan sejumlah produk UMKM yang terpajang di etalase ruang kerjanya. Beberapa produk merupakan UMKM yang sudah masuk pasar internasional dengan packaging menarik dan beberapa lainnya yang belum namun bisa dikembangkan.

    # Taufiq

Bagi masyarakat yang memiliki informasi atau mengetahui kejadian/peristiwa dimanapun atau ingin berbagi foto dan video, silakan dikirim ke nomor WA:  0812 6830 5177 - Atau EMAIL redaksi : aktualdetik19@gmail.com.
JANGAN LUPA 
Mohon dilampirkan data pribadi.

Komentar Via Facebook :