Limbah Kimia

Tragedi Minamata Tambang Rakyat Ilegal Desa Kusubibi

Tragedi Minamata Tambang Rakyat Ilegal Desa Kusubibi

FGD bertempat distereck cafee

HALSEL AKTUALDETIK.COM - Ingat kah kita tragedi pencemaran bahan kimia, merkuri (Hg) yang terjadi di Kota Minamata, Prefektur Kumamoto di Jepang pada 1958. Saat itu PT Chisso membuang limbah kimianya di Teluk Minamata dalam jumlah besar. Ikan-ikan tercemar merkuri dan banyak warga terkena penyakit cacat fisik, penyakit aneh hingga kini. Bahkan ratusan warga meninggal akibat kelumpuhan syaraf setelah mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri.

LSM MAKIRIWO BUBID FUCUS GROUP DISCUSSION ( FGD ) Dengan TEMA : Dalang Di Balik Tambang Kusubibi yang di ketuai Husni Saban dan juga di hadiri Okp, Lembaga, Lsm dan Lbh

Terkait tambang rakyat ilegal didesa kusubibi tak ada ketegasaan hukum dari Pemerintah daerah dan penegakan hukum semestinya ini menjadi perhatian serius pihak penegak hukum bukan seakan membiarkan tambang rakyat kusubibi itu dan dijadikan tambang ATM Oleh oknum - oknum yang mendapat jata cabutan rep sehingga dibiarkan begitu saja.

Tertanggal 29 / 12 / 2020. Polres Halsel mengeluarkan surat untuk penutupan tambang rakyat ilegal kusubibi, hanya saja sampai saat aktivitas tambang ilegal itu masih berjalan.

Setelah usai FGD bertempat distereck cafee dan langsung melakukan wawancara salah dari LBH saudara Ongky Nyong.

"Ia memaparkan terkait dari segi hukum pertambangan rakyat desa kusubibi itu sudah beroprasi selamah satu tahun lebih hanya terjadi kekosongan hukum - hukum dalam artian menata menertibkan supaya jangan terjadi kekosongan hukum sehingga tidak terjadi impilikasi - impilikasi hukum, seperti tindakan kriminal, pembunuhan, pemerkosaan ada di sanah, asosilah peredaran narkoba dan minuman keras semua ini terjadi ini karna  beroprasinya tambang iligal.

Lanjut Ongky Nyong yang kita sesalkan itu tidak ada tindakan hukum dari pemerintah baik dari penegak hukum atau pemerintah daerah mengijinkan beroprasi diawal - awal febuari tahun 2020 seharusnya bahasa mengijinkan itu ada intrumen soal tambang yang bupati ijinkan sehingga menjadi peganaan bagi penambang yang ada disanah," papar Ongky Nyong 10/4/2021.

Juga dihadiri Bapak kapolres atau yang mewakili wakapolres Kab Halsel dan melakukan wawancara kepada wakapolres, Mengatakan dengan sitekmen yang keras jika ada Oknum polisi yang terlibat di tambang rakyat desa kusubibi terus mendapat cabutan rep agar segerah melaporkan langsung ke wakapolres 10/4/2021." Tegasnya

Atox

Bagi masyarakat yang memiliki informasi atau mengetahui kejadian/peristiwa dimanapun atau ingin berbagi foto dan video, silakan dikirim ke nomor WA:  0812 6830 5177 - Atau EMAIL redaksi : aktualdetik19@gmail.com.
JANGAN LUPA 
Mohon dilampirkan data pribadi.

 

Komentar Via Facebook :