Fasilitas Medis Akan Diupayakan Segera

Positif Corona Indonesia Capai 1000, Kemenag RI Bantu Asrama Haji Jadi Rumah Sakit

Positif Corona Indonesia Capai 1000, Kemenag RI Bantu Asrama Haji Jadi Rumah Sakit

Foto Didalam Ruangan Asrama Haji Pondok Gede,Jakarta

JAKARTA AKTUALDETIK.COM

Kementerian Agama (Kemenag) RI ikut mengatasi dampak akibat penyebaran wabah virus corona dengan cara menjadikan Gedung Asrama Haji beralih fungsi sebagai tempat perawatan pasien jika memungkinkan disaat keadaan gawat akibat over kapasitas di rumah sakit.

Meskipun fasilitas medis untuk penanganan pasien terinfeksi virus corona belum ada, Menteri Agama RI, Fachrul Razi hanya menyediakan bantuan sebatas tempat perawatan.

"Kami bantu dengan memakai Asrama Haji agarbdigunakan disaat yang diperlukan, walaupun fasilitas medis belum ada." Tutut dia.

Untuk sementara ini lanjut Fachrul Razi bahwa Kemenag RI tengah memprioritaskan mengupayakan fasilitas-fasilitas medis di Rumah Sakit Haji Jakarta, Pondok Gede, Jakarta Timur dan di Rumah Sakit UIN Jakarta, Ciputat, Tangerang Selatan.

Hal itu dilakukan dalam rangka membantu merawat pasien atau perawatan pengisolasian akibat virus corona.

Terlebih menurut Fachrul saat ini banyak pasien Corona yang dilayani di dua rumah sakit tersebut, "fasilitas medis tinggal diperkuat, maka untuk sementara, kami prioritaskan mendukung RS Haji dan RS UIN Jakarta yang semakin banyak melayani pasien-pasien ini." Kata dia.

Fachrul juga menambahkan bahwa pasien yang mendapat perawatan di rumah sakit tersebut sudah ada yang dinyatakan positif terkena corona dan harus dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Haji Jakarta. 

Ditanganinya pasien Corona di RS Haji Jakarta tersebut karena rumah sakit yang menjadi rujukan untuk penyakit corona sudah ada yang penuh.

 "Ada yang positif dan harus dirawat atau diisolasi di RS Haji karena beberapa RS Rujukan sudah penuh," Tuturnya.

Hingga saat ini, belum diketahui juga apakah Asrama Haji di Kota Pekanbaru juga akan difungsikan sebagai tempat perawatan pasien akibat virus corona untuk nantinya.

Sementara itu Juru Bicara Pemerintah RI untuk kasus virus corona, Achmad Yurianto mengatakan bahwa jumlah pasien positif corona terbaru sebanyak 1046 kasus, dengan kematian sebanyak 87 jiwa.

"Ada penambahan sebanyak 153 kasus pasien positif corona hari ini, dan kematian bertambah sembilan orang." Tutup Achmad Yurianto. 

Komentar Via Facebook :