Agar Pembiayaannya Dibantu Oleh Pemerintah Pusat

Gubri Usulkan Tiga Proyek Utama ke Bappenas

Gubri Usulkan Tiga Proyek Utama ke Bappenas

Gubernur Riau, H Syamsuar mengusulkan tiga major project Provinsi Riau kepada Kementerian Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional agar dapat dimasukkan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2021. 

Hal itu disampaikan Gubri saat Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa bersama jajarannya bersama para Gubernur se-Indonesia dengan tema "Memperkokoh Sinergi Pusat-Daerah dalam Rangka Pelaksanaan Major Project RPJMN 2020-2024."

Gubernur Riau, H.Syamsuar Saat Pemaparan Proyek Kepada Jajaran Bappenas

Dalam paparannya, Gubri menyebutkan ketiga major project tersebut adalah, pembangunan pengaman pantai pulau terluar Indonesia, pembangunan jembatan yang menghubungkan ruas jalan Bengkalis-Ketam Putih ke ruas Jalan Tanjung Padang ke Teluk Belitung, dan jalan akses pelabuhan Kuala Enok di Indragiri Hilir.

Latar belakang pemilihan proyek pembangunan pengaman pantai pulau terluar Indonesia sebut Gubri, adalah Kepres Nomor 6 Tahun 2017 tentang penetapan pulau-pulau kecil terluar. Di Provinsi Riau, kata Gubri adalah Pulau Rupat, Bengkalis dan Rangsang merupakan pulau-pulau kecil terluar (PPKT) sekaligus merupakan kawasan strategis nasional tertentu (KSNT).

" Kondisi eksisting pada tiga pulau kecil  terluar tersebut terjadi abrasi sepanjang 167,22 km, disebabkan oleh kerusakan Mangrove serta gelombang dan arus laut yang besar dari Selat Malaka " beber Gubri yang didampingi Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya, Plt. Kadis PUPR-Perkimtan Prov. Riau, Taufik Oesman Hamid, Sekretaris Bappeda Purnama, Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau, Erisman Yahya.

Upaya yang telah dilakukan, lanjut Gubri antara lain rehabilitasi dengan menggunakan pemecah ombak, penertiban pemanfaatan dan penanaman mangrove, mengembangkan sektor ekonomi lain untuk mata pencarian alternatif di sektor perikanan dan tanaman pangan, pemulihan kawasan pesisir Provinsi Riau sebagai proyek strategis nasioal, prioritas nasional dan menjadikan Pulau Rupat sebagai kawasan ekonomi khusus dalam RPJMN 2020-2024.

"Dukungan kesiapan daerah adalah pembentukan Satuan Tugas percepatan pemulihan kawasan pesisir  dan laut di pulau- pulau perbatasan dengan Malaysia di wilayah Provinsi Riau, kajian penilaian kerusakan pantai dan perioritas penanganannya oleh BPPT tahun 2019, pengembangan potensi ekonomi wilayah, pengembangan koperasi/BUMdes 20 unit per tahun, dan penanaman magrove 4 hektar per tahun," ulasnya.

Sementara usulan terkait pembangunan jembatan yang menghubungkan ruas jalan Bengkalis-Ketam Putih ke ruas Jalan Tanjung Padang ke Teluk Belitung sambung Gubri, selain Kabupaten Bengkalis dan Meranti merupakan pulau kecil terluar juga saat ini moda transportasi menuju pulau-pulau kecil itu hanya mengandalkan perjalanan laut. Sehingga perlu dibangun jembatan sebagai sarana angkutan orang dan barang dari pulau Bengkalis ke Pulau Meranti atau sebaliknya sekaligus meningkatkan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat, terutama di Pulau Meranti sebagai daerah tingkat kemiskinan tertinggi di Provinsi Riau

 

Komentar Via Facebook :