Karena telah meraih SHU tahun buku 2019 mencapai Rp 380 Juta lebih

Bupati Rohul Puji KUD Sari Usaha Tani

Bupati Rohul Puji KUD Sari Usaha Tani

Foto Bupati Rohul Saat Menyerahkan Bantuan Sosial Dari SHU KUD Sari Usaha Tani

PASIR PENGARAIAN AKTUALDETIK.COM

Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, bamgga dan memberikan apresiasi kepada tim management Koperasi Unit Desa (KUD) Sari Usaha Tani

Bupati Rohul mengapresiasi dan memuji karena keberhasilan dari KUD Sari Usaha Tani yang telah meraih Sisa Hasil Usaha (SHU) tahun buku 2019 mencapai Rp. 380 Juta.

Dari laporan pertanggungjawan (LPj) Pengurus KUD Sari Usaha Tani, didapat bahwa SHU tahun buku 2019 ini berjumlah Rp 380.504.781 saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang digelar di Aula Desa Kota Baru, Kec. Kunto Darussalam.

Sesuai LPj RAT KUD Sari Usaha Tani Tahun Buku 2019 yang disampaikan langsung oleh Ketua KUD Sari Usaha Tani, Untung Setiawan bahwa program pengurus KUD Sari Usaha Tani Tahun Buku 2019 adalah pembangunan gudang pupuk dan usaha simpan pinjam.

“Sehingga SHU KUD Sari Usaha Tani pada Tahun Buku 2019, memperoleh pendapatan kotor sebesar Rp. 869 Juta dan Pengeluaran Rp. 489 Juta, sehingga diperolehlah SHU KUD Sari Usahan Tani Tahun Buku 2019 ini berjumlah Rp. 380 Juta”. terangnya.

Untung Setiawan mengatakan bahwa dari SHU tersebut telah menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp.67 Juta, dan mampu memberikan santunan kepada anak yatim piatu senilai Rp.3 Juta, santunan jompo Rp. 3 Juta, dan bantuan kepada masjid Rp. 3 Juta.

"Saya akui, bahwa program Kerja KUD Sari Usaha Tani tahun 2020 adalah membuka toko usaha bangunan, melanjutkan program sertifikat, dan pemupukan oleh para kelompok tani melalui KUD ini." Terangnya.

Diharapkan program tersebut akan meningkatkan kesejahteraan anggota KUD melalui cara pemberdayaan koperasi. 

"Itu adalah sebagai wujud komitmen pengurus untuk bertanggungjawab kepada anggota semua sebagai pemiliknya, maka dibuatlah laporan pertanggunggjawaban akhir tahun ini.” katanya.

Sementara Bupati Rohul, H.Sukiman sangat bangga mendengar KUD yang diwilayahnya sukses dalam mengatur management koperasi yang merupakan sebuah potensi besar di dalam membangun kesejahteraan dan kemandirian masyarakat anggota koperasi tersebut.

"Saya lihat keberadaan KUD Sari Usaha Tani sudah banyak mengalami perubahan kearah yang lebih baik dan kedepannya kita semua mengharapkan yang terbaik dan lebih baik lagi." Sambutnya.

Pasalnya, bila ditinjau dari sudut pandang organisasi, RAT seperti sekarang ini yang telah dilaksanakan merupakan wahana yang sangat strategis bagi pertanggungjawaban manajerial organisasi sebuah koperasi.

“Dari aspek keanggotaan dan permodalan itu merupakan pilar dan sumber kekuatan bagi kelangsungan hidup koperasi dan anggotanya, sejauh ini saya melihat telah diwujudkan dengan baik oleh tim manajemen KUD Sari Usaha Tani,” ujarnya.

Kedepannya Bupati Rohul berharap KUD Sari Usaha Tani dapat dikelola dengan penuh rasa kebersamaan dan profesional serta ikut andil dan peduli kepasa permasalahan ekonomi yang ada di masyarakat Rokan Hulu.

"Saya harap pengurus dan anggota dapat memanfaatkan RAT tahun ini dengan sebaik-baiknya sebagai wahana untuk mengevaluasi program kerja pada tahun yang telah berjalan demi perbaikan langkah di tahun yang akan datang," harapnya.

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait