Alkali, NiMH, & Nicad

Simpan Baterai di Freezer Mampu Perpanjang Dayanya

Simpan Baterai di Freezer Mampu Perpanjang Dayanya

JAKARTA AKTUALDETIK.COM - Menyimpan baterai pada "freezer" dengan suhu beku atau mendekati beku akan memperpanjang kapasitas daya isi dari baterai tersebut, tetapi hanya untuk beberapa jenis baterai. Mari ketahui baterai mana yang tidak memerlukan perawatan dengan freezer dan manfaatnya.

Di The Huffington Post, mereka menyoroti beberapa hal tidak biasa yang mereka masukkan ke dalam freezer untuk beberapa keuntungan. Jika Anda khawatir peralatan-peralatan seremonial anda mengalami kerusakan, tentu saja termasuk baterai,ternyata tidak semua baterai mendapat manfaat dari suhu dingin

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa menyimpan baterai di dalam freezer membantu mereka mempertahankan daya lebih lama. Ini kurang benar untuk baterai alkaline (pembekuan memperpanjang umur simpannya hanya sekitar 5%) dibandingkan dengan baterai NiMH dan Nicad yang sering digunakan dalam elektronik. Menyimpan baterai NiMH di dalam freezer dapat meningkatkan masa pakai baterai hingga 90%.

Di situs Green Batteries yang berpusat pada baterai, mereka memperluas topik dengan lebih rinci ;

"Baterai alkali yang disimpan pada "suhu ruangan" rata-rata kecepatan kurang dari dua persen per tahun. Jadi biasanya mendinginkan atau membekukannya hanya akan membantu menjaga muatannya sedikit." Isi dari situs Green Batteries.

"Hampir tidak sebanding dengan upaya mendinginkannya, namun, jika baterai alkaline disimpan pada suhu yang lebih tinggi, mereka akan mulai kehilangan kapasitas lebih cepat. Pada 85 derajat F° mereka hanya kehilangan sekitar 5% per tahun, tetapi pada 100 derajat mereka kehilangan 25% per tahun." Kutipan dari situs Green Batteries.

Jadi, jika Anda tinggal di iklim yang sangat panas atau menyimpan baterai Anda di lokasi yang sangat panas, mungkin ada baiknya Anda menyimpan baterai alkaline di lemari es.

Baterai NiMH dan NiCd melakukan pengosongan sendiri pada kecepatan yang jauh lebih cepat daripada baterai alkaline. Faktanya, pada "suhu ruangan" (sekitar 70 derajat Fahrenheit) baterai NiMH dan NiCD akan habis sendiri beberapa persen per hari. 

Menyimpannya pada suhu yang lebih rendah akan memperlambat laju pelepasannya secara dramatis. Baterai NiMH yang disimpan saat pembekuan akan mempertahankan lebih dari 90% dari dayanya selama sebulan penuh.

Jadi mungkin cukup masuk akal untuk menyimpannya di freezer, jika ya, sebaiknya kembalikan ke suhu kamar sebelum digunakan. Meskipun tidak membekukan baterai NiMH setelah diisi, baterai tersebut harus disimpan di tempat yang sejuk untuk meminimalkan pelepasannya sendiri.

Editor : Ishak

Komentar Via Facebook :