Dukungan Teknologi

BKD Jatim Gunakan "Si-Master" Seputar Kepegawaian

BKD Jatim Gunakan "Si-Master" Seputar Kepegawaian

Kepala BKD Jawa Timur, Nur Kholis

JAWA TIMUR AKTUALDETIK.COM - Untuk mempermudah dalam pelayanan lingkup kepegawaian, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Prov.Jawa Timur berinovasi meluncurkan layanan baru dengan nama Si-Master.

Layanan inovasi tersebut diluncurkan langsung oleh BKD Jawa Timur dengan harapan layanan kepegawaian semakin dipermudah melalui dukungan teknologi informasi. 

Lebih lanjut Kepala BKD Jawa Timur, Nur Kholis mengatakan, dengan inovasi ini, maka ke depan pemberkasan secara tatap muka yang biasa dilakukan diharapkan tidak perlu lagi ada. Semua sistemasi melalui dukungan sistem aplikasi. 

“Si-Master ini diharapkan dapat mengintegrasi data ASN mulai dari pemerintah kabupaten/kota, provinsi maupun BKN (Badan Kepegawaian Nasional). Melalui database kepegawaian ASN yang terintegrasi akan memudahkan proses pelayanan kepegawaian, memudahkan analisis dan perencanaan kepegawaian,” ucapnya. 

Dikatakan Nur Kholis, Si–Master merupakan strategi digital yang dilakukan untuk pengelolaan manajemen ASN berbasis sistem merit. Salah satunya kenaikan pangkat, kalau semua data sudah terintegrasi tidak lagi membutuhkan pemberkasan untuk pengurusannya.

Karena itu, demi bisa mengintegrasikan database tersebut, BKD Jawa Timur melakukan MoU antara Kanreg BKN dan BKD kabupaten/kota. Selain itu, MoU juga dilakukan dengan Taspen untuk memudahkan layanan tunjangan hari tua ASN. 

Dengan langkah-langkah tersebut, ASN yang pensiun tidak perlu mendatangi Taspen untuk mengurus tunjangan hari tua. Melalui aplikasi Si-Master ini, yang bersangkutan besok pensiun langsung bisa menerima tunjangan hari tua.

“Dalam membuat Si-Master, kita tidak hanya membuatkan untuk dapat mengintegrasikan dengan BKD dari daerah hingga pusat. Melainkan juga dibuat agar dapat menjembatani berbagai aplikasi di instansi lain yang membutuhkan data kepegawaian. Misalnya Taspen, BPJS dan sebagainya,” tambah Nur Kholis.

Sehingga Pemprov Jawa Timur nantinya akan sudah memiliki data yang bisa dimanfaatkan untuk membangun integrasi dengan kabupaten/kota dengan pusat dan instansi vertikal lain yang berkaitan dengan layanan kepegawaian.

“Untuk menjembatani berbagai aplikasi dapat terkait dengan Si-Master, BKD Jatim menyiapkan Application Programming Interface (API). Masing-masing instansi itu punya aplikasi. Tapi kadang-kadang aplikasi itu datanya tidak bisa terintegrasi langsung,” urai Nur Kholis.

Editor : Ishak

 

 

 

Komentar Via Facebook :