Masyarakat Apresiasi Pemerintah

Masyarakat Riau Terlihat Kondusif Ikuti Proses Pendaftaran Sekolah Dibawah Kepemimpinan Pj Gubernur

Masyarakat Riau Terlihat Kondusif Ikuti Proses Pendaftaran Sekolah Dibawah Kepemimpinan Pj Gubernur

Foto: Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto dengan Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Roni Rakhmat, S. STP., M. Si

AKTUALDETIK.COM - Pemerintah Provinsi Riau dibawah kepemimpinan Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto, sukses melaksanakan momen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sejak dimulai tanggal 21 Juni 2024 hingga 29 Juni 2024. Dari pantauan awak media di lapangan, kondisi masyarakat saat mengikuti proses pendafataran tersebut tidak menimbulkan kegaduhan atau kehebohan seperti pada tahun-tahun lalu. 

Keadaan kondusifitas masyarakat dapat terpantau saat awak media ini mengunjungi beberapa daerah, seperti Siak, Kampar, Rohil dan Pelalawan beberapa waktu lalu. Begitu juga dengan ibu kota provinsi Riau, kota Pekanbaru. Pada tahun-tahun sebelumnya, saat pendafataran sekolah, khususnya SMA/SMK Negeri di Pekanbaru selalu terjadi berbagai protes dan ketidakpuasan peserta calon siswa yang mendaftar, namun  kini, suasana terasa berbeda, nyaris tidak terdengar adanya permasalahan. 

Dirangkum dari informasi dinas pendidikan Provinsi Riau, ternyata ada kebijkan pemerintah provinsi Riau yang keluarkan sebagai langkah antisipasi untuk meredam kemungkinan permasalahan yang terjadi, akibat kelebihan kuota pada setiap sekolah tujuan pendafataran calon siswa-siswi. Yaitu, dikatakan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Roni Rakhmat, S. STP., M.Si, pihaknya menginisiasi untuk bekerjasama dengan sekolah-sekolah swasta yang ada di provinsi Riau, khususnya sekolah penerima Dana BOS. 

, "Dalam tahun ini, pemerintah provinsi Riau memprediksi jumlah pendaftar calon siswa-siswi di SMA/SMK Negeri cukup banyak, sehingga kami perlu mencari solusi agar anak-anak Riau tetap mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa belajar dengan bantuan pemerintah, yaitu dengan bekerjasama dengan puluhan sekolah swasta penerima Bosda," Sebut Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Roni Rakhmat di Pekanbaru.

Sejauh ini menurutnya, pihaknya sudah bekerjasama dengan 50 sekolah swasta jenjang SMA/SMK di Provinsi Riau. Karena menurutnya, disekolah swasta tersebut para peserta didik tetap juga memperoleh pendidikan bermutu dan gratis karena di tanggung oleh Pemerintah. 

Diketahui, hingga hari terakhir proses PPDB berjalan, jumlah pendaftar keseluruhan mencapai 97.638 orang siswa-siswi, meliputi SMA/SMK. Sementara jalur alternatif sebagai langkah menyelamatkan peserta pendafatar lainnya yang overload, yaitu yang sudah mendaftar melalui jalur afirmasi, pihaknya telah bekerjasama dengan 13 SMA dan 37 SMK Swasta dengan jumlah pendaftar sebanyak 2.438 orang. 

“Sedikitnya ada 2.438 calon peserta didik yang terselamatkan dan bisa diterima melalui jalur afirmasi. Sebab Pemprov Riau telah menyiapkan anggaran lebih kurang Rp3,9 miliar untuk biaya sekolah gratis sampai tamat,” katanya.

Penulis: IS
Editor: FS

Komentar Via Facebook :