Syamsuar Menghardik Wartawan

DPP-PPDI Kecam Sikap Angkuh Syamsuar Terhadap Wartawan

DPP-PPDI Kecam Sikap Angkuh Syamsuar Terhadap Wartawan

Foto: Ketua Umum Perkumpulan Pers Daerah Seluruh Indonesia (PPDI), Feri Sibarani, SH, MH dan Penampakan Syamsuar dalam akun tiktok, yang lagi viral

AKTUALDETIK.COM - Mantan Gubernur Riau Drs. Syamsuar, M.Si, saat ini lagi viral di akun tiktok dengan sikap yang terlihat angkuh dan arogan terhadap wartawan yang sedang bertugas. Ketua Umum organisasi Pers, Perkumpulan Pers Daerah Seluruh Indonesia (PPDI), Feri Sibarani, SH, MH, pun angkat bicara. 08/06/2024.

Sebagaimana terlihat dalam akun tiktok yang lagi viral tersebut, saat beberapa wartawan sedang mengikuti Syamsuar menuju mobilnya, bertanya soal himbauan plan, namun bukan nya dijawab sebagaimana mestinya, justru kalimat yang tak pantas dan terdengar angkuh sembari menggerakkan tanganya untuk mengusir wartawan. 

, "Apo lagi imbauan, Apo lagi, Apo tuh, Aah, kalian yang tidak aja, awak tanya aja sama orang partai lah," Ujar Syamsuar ketus.

Bahkan kabarnya, Syamsuar pun mengeluarkan kalimat agar para wartawan sekolah lah dulu. 

Dalam kesempatan itu, terlihat Syamsuar langsung melaju dari hadapan para wartawan tanpa basa-basi, yang mengesankan, bahwa Syamsuar seperti Alergi terhadap wartawan. 

Atas hal ini, awak media pun mencoba minta pendapat ketua organisasi Pers Perkumpulan Pers Daerah Sepuluh Indonesia (PPDI), karena sebagaimana diketahui, saat ini sedang menjadi buah bibir di kalangan wartawan Riau. Ketua Umum PPDI, Feri Sibarani pun menilai, sikap Syamsuar terlihat sangat tidak nyaman berhadapan dengan wartawan. 

, "Itu benar-benar kita sayangkan. Pertama itu tidak menunjukkan etika seorang pemimpin (Mantan Gubernur Riau). Ia terlihat alergi dengan wartawan, terbukti dari cara bicara yang angkuh, arogan dan terkesan melecehkan, dengan bahasa dan tangan nya yang menghardik awak media dari hadapannya. Pertnyaan nya, mengapa Syamsuar, yang katanya akan maju pilkada Gubernur Riau itu bersikap seperti itu?, "Sebut Feri Sibarani. 

Selanjutnya menurut Feri, yang selalu tampil vokal menolak Pergub Riau tentang penyebarluasan informasi di lingkungan pemprov Riau itu, bahwa dari sikap Syamsuar tersebut pihaknya menilai, Syamsuar sesungguhnya tidak betul-betul paham kinerja Pers dan posisi Pers dalam Negara Indonesia yang demokrasi dan menganut prinsip open Government, dimana keterlibatan publik bukan lagi hanya sekedar life servis tetapi nyata dan sangat berpengaruh pada proses penyelengaraan roda pemerintahan. 

, "Sebenarnya dengan adanya Pergub Riau kemarin itu, kami sudah menyimpulkan, bahwa Syamsuar, sekalipun sudah pengalaman sebagai kepala daerah, tetapi ia tidak betul-betul mengerti substansi Pers dan dasar hukum Pers itu sendiri. Bahkan kami selama ini menilai Syamsuar ini tidak bisa menghormati dan menghargai Pers dan wartawan. Mungkin bagi Syamsuar, wartawan itu hanya kurang kerjaan, atau orang-orang yang tidak berpendidikan, atau bahkan dia tidak pernah anggap. Itu terlihat kan dari sikapnya dalam videonya, " Katanya. 

Diakhir pernyataannya, Feri Sibarani, yang merupakan jebolan Prodi Megister Hukum Unilak dengan keahlian Tata Negara itu, mengatakan, sebaiknya Syamsuar tak perlu  lagi berlelah-lelah mencalonkan diri sebagai gubernur Riau. 

, "Syamsuar menurut penilaian kami, tidak punya yang namanya Dinamik Government, dan Open Government. Dia harus paham betul, era sekarang Dunia dan Indonesia sudah masuk dalam Revolusi Industri 4.0, dimana seorang pemimpin tidak boleh lagi berfikir biasa-biasa atau normatif seperti model Syamsuar. Harus penuh innovasi, kreatifitas, kemampuan membawa Riau menjadi daerah yang maju. Syamsuar dengan sikap terhadap wartawan itu, sudah menujukkan siapa dirinya, " Pungkasnya. 

Sumber: Tiktok/PPDI
Penulis: FIT
Editor: Red

 

Komentar Via Facebook :