Warga Kota Pekanbaru berharap pada Pj Walikota

LP-KKI: Pj Walikota Pekanbaru di Hari Pertama Kerja Kok Sudah Mulai Ngeless!!

LP-KKI: Pj Walikota Pekanbaru di Hari Pertama Kerja Kok Sudah Mulai Ngeless!!

Foto: Ketua Lembaga Pemantau Kebijakan Pemerintah Dan Kejahatan di Indonesia (LP-KKI), Feri Sibarani, SH, MH

AKTUALDETIK.COM - Dihari pertama kerja, Senin, 27 Mei 2024, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru yang baru dilantik, Risnandar Mahiwa terkesan ngeless saat menjawab awak Media dengan mengatakan, "Jangan anggap pemerintah tidak bekerja". 27/05/2024.

Sebagaimana diketahui, bahwa dari tahun ke tahun permasalahan Kota Pekanbaru selalu berkutat tentang banjir, sampah dan jalan berlubang. Entah apa yang salah, yang pasti masyarakat tau bahwa 2,6 Triliun dana APBD setiap tahun ludes bak ditelan bumi, namun kondisi Pekanbaru tetap sama. Apakah di era Pj Walikota Risnandar ini masih mengukir sejarah yang sama? Terkait hal ini aktivis Riau melalui Lembaga Pemantau Kebijakan Pemerintah dan Kejahatan di Indonesia (LP-KKI), Feri Sibarani, SH, MH, memberikan penilaiannya, saat berbincang di Sabas Coffee Sukajadi Pekanbaru. 

, "Sebagai Pemerintah, Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar harusnya objektif dalam memberikan pernyataan. Apalagi masih di hari pertama kerja, setidaknya belum mengetahui konkret sumber permasalahan. Seribu kali pun warga tidak menganggap pemrintah tidak pekerja, faktanya Pekanbaru penuh sampah, Banjir merajalela dan hampir semua jalan berlubang parah, terus Risnandar masih harus menyalahkan masyarakat? Wajar saja warga menuding begitu melihat realitas, " Terang Feri Sibarani, hari ini di Pekanbaru. 

Menurutnya, alangkah baiknya Pj Walikota Pekanbaru yang baru benar-benar melakukan kajian mendalam tentang permasalahan yang sudah klasik itu. Disebutnya, Pj Walikota yang baru harusnya menunjukkan political will nya untuk meyakinkan warga Pekanbaru, bahwa ia dapat memberikan terobosan dalam mengatasi permasalahan, bukan malah mulai menciptakan situasi saling menyalahkan. 

, "Belum apa-apa, nadanya sudah menyalahkan masyarakat. Miskomunikasi bagaimana? Pemerintah kan punya kewenangan sepenuhnya, jika benar ada warga yang menjadi penyebab penumpukan sampah silahkan berikan sanksinya, lalu sosialisasikan hukumannya, bila perlu gerakkan satpol PP sekali satu jam untuk memantau, konsisten dan konsekwen, profesional. Pemerintah harus dapat merubah kondisi itu, dan bisa membangun karakter masyarakatnya dengan kepemimpinan yang kreatif dan bijaksana, " Ujarnya. 

Disebutnya, kalau hanya untuk saling menyalahkan, dan membela diri, tidak perlu Pj Walikota Pekanbaru jauh-jauh dari Kota Jakarta ke Pekanbaru. Menurutnya di Kota Pekanbaru sudah banyak pejabat yang lihai menyalahkan masyarakat dan ngeless untuk menutupi kelemahan dan ketidakmampuannya. 

, "Intinya jika sadar akan kewenangan pemerintah apa, silahkan laksanakan dengan tegas dan terukur. Tak perlu menyalahkan siapa-siapa. Dan saya kira masyarakat juga akan menerima apapun itu, jika untuk kebaikan dan demi kemajuan kota Pekanbaru. Terbukti jalan-jalan semuanya di bongkar-bangkir untuk menanam jaringan pipa, dan banyak usaha masyarakat merugi, toh masyarakat menerima, " Katanya. 

Diakhir tanggapannya, Feri Sibarani yang merupakan lulusan Megister hukum jurusan Hukum Tata Negara dari Unilak itu meminta, agar Pj Walikota Pekanbaru dapat menujukkan kepemimpinan yang baik dan memiliki terobosan untuk menyelesaikan persoalan sampah, banjir dan infrastruktur yang pada hancur di tengah Kota Pekanbaru. 

Sumber: Wawancara
Penulis: IS
Editor: Red

Kepada seluruh masyarakat, jika memiliki informasi penting dan menemukan kejadian/peristiwa, atau pelanggaran hukum, baik oleh warga atau pejabat
pemerintah/lembaga/penegak hukum, silahkan mengirimkan informasi tersebut berupa narasi/tulisan, rekaman video/gambar/suara, ke No telepon/WA: 0853-6381-4752 - Email: aktualdetik19@gmail.com.

Jangan lupa mengirim indensitas lengkap, karena kami akan menjamin kerahasiaan identitas Narasumber. 

Komentar Via Facebook :