Peringatan HUT ke-44 Perpusnas RI: Siak Terima Bantuan Satu Unit Mobil Perpustakaan Keliling

Peringatan HUT ke-44 Perpusnas RI: Siak Terima Bantuan Satu Unit Mobil Perpustakaan Keliling

SIAK,- Dinas Perpustakaan dan Arsip kabupaten Siak, satu-satunya perpus kabupaten/kota di Provinsi Riau yang menerima bantuan mobil perpustakaan keliling dan 25 ribu buku untuk 25 perpustakaan yang ada di kabupaten Siak dari Perpustakaan Nasional RI.

Kepala Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Aminudin menegaskan komitmen lembaga nya dalam memperkuat budaya baca dan literasi untuk membangun komunitas masyarakat yang berbudaya baca dan tinggi tingkat literasinya.

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul menuju Indonesia Emas 2045.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza, mengapresiasi kepada perpus nasional yang telah memberikan bantuan ini kepada Siak.

Pada acara itu, Kabupaten Siak menerima bantuan berupa satu unit mobil perpustakaan keliling dan 25.000 buku untuk 25 perpustakaan kampung yang ada di Kabupaten Siak yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin.

Wakil Bupati Husni Merza menyatakan harapannya bahwa kegiatan ini dapat memotivasi peningkatan minat baca masyarakat di Kabupaten Siak, terutama di kalangan generasi muda melalui penyediaan akses yang baik terhadap bahan bacaan.

"Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan minat baca masyarakat Siak, terutama generasi muda, sehingga mereka semangat untuk menambah wawasan dan pengetahuan melalui membaca," harap Husni.

Selain itu, Husni Merza menekankan pentingnya inovasi dalam perpustakaan untuk menarik minat baca.

"Ini juga menjadi inspirasi bagi kami agar perpustakaan di Kabupaten Siak dapat menghadirkan inovasi-inovasi yang mampu menarik minat baca, khususnya bagi anak-anak muda dan seluruh masyarakat," tambahnya.

Wakil Bupati pada kesempatan tersebut di dampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak, Salmiah Safitri, hadir dalam peringatan HUT ke-44 Perpusnas RI dan sekaligus memperingati Hari Buku Nasional.

Husni Merza juga menginformasikan selain Rumah Baca Siak yang sudah beroperasi sejak 2010 silam, kini Kabupaten Siak akan memiliki Perpustakaan Daerah yang akan menjadi pusat literasi dan pendidikan bagi masyarakat Siak.

Komentar Via Facebook :