Penuhi Hak Tahanan, Rutan Labuhan Deli Gandeng LBH UMSU Gelar Penyuluhan Hukum

Penuhi Hak Tahanan, Rutan Labuhan Deli Gandeng LBH UMSU Gelar Penyuluhan Hukum

Penuhi Hak Tahanan, Rutan Labuhan Deli Gandeng LBH UMSU Gelar Penyuluhan Hukum

MEDAN,AKTUALDETIK.COM

Dalam Pembangunan Zona Integritas dan Upaya Pemenuhan Hak-Hak Setiap Tahanan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Labuhan Deli Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Penyuluhan Hukum bersama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), bertempat di Ruang Moralitas Rutan Labuhan Deli, Rabu (22/05).

Kegiatan penyuluhan hukum ini diikuti sekitar 30 (tiga puluh) Orang Warga Binaan yang masih berstatus sebagai tahanan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Pawer Siahaan yang mewakili sebagai Kepala Rutan Labuhan Deli, Kasubsi Bantuan Hukum, Amran, Staf Bankum, Divisi Yankum Kanwil Kemenkumham Sumut dan Jajaran LBH UMSU.

Dalam sambutannya, Divisi Yankum Kemenkumham Sumut, Maulana dan Direktur LBH UMSU menyampaikan rekan² warga binaan diberikan kesempatan untuk memperoleh pendampingan bantuan hukum khususnya bagi warga binaan yg tidak mampu, semoga warga binaan dapat memahami dengan baik paparan dan penjelasan mengenai bantuan hukum dari LBH UMSU.

Dalam sambutannya Kepala Rutan, melalui Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Pawer Siahaan menyampaikan terimakasih yg sebesar²nya kepada LBH UMSU dan Yankum Kanwil Kemenkumham Sumut atas penyuluhan hukum di Rutan Labuhan Deli. “Saya berharap kepada Warga Binaan mohon diikuti kegiatan ini dengan serius, semoga dengan adanya penyuluhan hukum ini seluruh warga binaan dapat memahami dan terbantu dalam memperoleh bantuan hukum dari Negara,” ujar Kasiyantah.

Sebagai pemateri yang disampaikan bagi setiap tahanan yang ingin memperoleh bantuan hukum gratis dapat mengikuti tata cara memperoleh bantuan hukum gratis baik mengajukan permohonan identitas pemohon, menyerahkan dokumen yang berkenaan dengan perkara, dan melampirkan surat keterangan tanda tidak mampu.

WBP juga diberikan kesempatan untuk bertanya dalam sesi tanya jawab. Melalui kegiatan ini, diharapkan para Tahanan dapat memperoleh informasi terhadap bantuan hukum gratis dengan baik.

(Ali)

Komentar Via Facebook :