Anggaran Perawatan Fly Over Kemana?

Diduga Tidak Dirawat, Jembatan Fly Over di Pekanbaru Terancam Putus

Diduga Tidak Dirawat, Jembatan Fly Over di Pekanbaru Terancam Putus

Foto Kondisi Sambungan Jembatan fly over jalan sudirman Pekanbaru terlihat putus akibat diduga tidak terawat, ditambah kondisi hujan yang curah sangat tinggi pada Kamis, 07 September 2023

AKTUALDETIK.COM - Warga Kota Pekanbaru hingga kini terus merasa was-was, ketika melewati jalur jalan sudirman kota Pekanbaru, tepatnya diatas jembatan layang (fly over) simpang harapan raya Pekanbaru. Pasalnya, jembatan tersebut mengalami keretakan akibat kurang perawatan dari pihak terkait ((Dinas PUPR Bina Marga). 08/09/2023.

Sebelumnya, warga Pekanbaru terkejut saat menyaksikan adanya penampakan pada sisi jembatan fly over, terlihat retak dan menganga, sehingga membuat pengguna jalan merasa was-was dan takut melintas di atas jembatan itu. Hal ini pun menjadi buah bibir atau meresahkan kalangan masyarakat Pekanbaru, termasuk sejumlah pihak mengatakan peristiwa itu adalah akibat kesalahan kontruksi pada pembangunan jembatan. 

Atas hal ini, pihak terkait, yakni Dinas PUPR Provinsi Riau, langsung memberi tanggapan di publik, bahwa kondisi yang menggegerkan warga Pekanbaru itu bukanlah kegagalan kontruksi, melainkan hanya sebuah keretakan pada semen perekat jarak antara badan jembatan dengan girder. 

"Yang retak itu adalah plesteran lokal. Yang jelas bukan konstruksi jembatannya. Namun kami akan perbaiki terhadap plesteran sehingga masyarakat Kota Pekanbaru tidak was-was terhadap jembatan flyover ini," Kata Arif kepada media. 

Pernyataan Arif, selaku Kepala Dinas PUPR Provinsi ini pun, sepertinya mendapatkan dukungan dari pakar konstruksi dan Konsultan Tata Kota, Dr Ikhsan. Pakar yang juga berprofesi sebagai Dosen di Unri itu berpendapat serupa dengan kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, Arif Setiawan, dengan mengatakan peristiwa itu merupakan hanya keretakan biasa pada semen perekat antara girder dengan tiang pondasi flyover. 

"Sebetulnya itu bukan retak, jadi ada plester yang copot yang seharusnya direnggangkan. Jadi memang harus dipisahkan antara girder dengan pondasinya. Ini harus terpisah, cuma mungkin dulu sama pekerja malah diplester dan digabungkan," kata Dr Ikhsan, hari ini. 

Namun, melanjutkan pernyataan itu, Ikhsan  melapis ucapannya, dengan mengatakan, kondisi jembatan fly over perlu perawatan. Artinya, dari ucapan tersebut dapat terbaca, bahwa jembatan fly over yang berada dibawah kendali Dinas PUPR Provinsi Riau itu, tidak terawat, sementara diketahui, jembatan fly over jalan sudirman pekanbaru adalah barang aset milik daerah yang wajib di pelihara secara rutin, melalui anggaran APBD provinsi Riau.

Atas hal ini, awak media aktualdetik.com telah berusaha mengonfirmasi kepada kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, Arif Setiawan. Namun hingga berita ini dimuat, Arif yang dikenal sulit dihubungi awak media itu tidak merespon. 

Sumber berita: Peristiwa
Penulis: Is
Editor: Red

Kepada seluruh masyarakat, jika memiliki Informasi, atau menemukan kejadian/peristiwa bersifat penting, atau pelanggaran hukum oleh warga atau pejabat pemerintah/lembaga/aparat penegak hukum, mohon disampaikan kepada Redaksi kami. Dengan tujuan untuk dipublikasikan di media Group Aktual Indonesia. Silahkan mengirimkan informasi, berupa Narasi/tulisan, Rekaman Video/Suara, ke No telepon/WA: 0853-6381-4752 - Email: Aktualdetik19@gmail.com, disertai bukti-bukti yang benar dan akurat. 

Kami komitmen menjamin kerahasiaan Identitas Narasumber.

 

Komentar Via Facebook :