Masa Pengabdian Para Perwira

Inilah Mutasi Besar-besaran Para Jenderal Polisi Sebelum Masa Pensiun Idham Azis

Inilah Mutasi Besar-besaran Para Jenderal Polisi Sebelum Masa Pensiun Idham Azis

Foto Ilustrasi Prosesi Kegiatan Mutasi di Tubuh Polri

JAKARTA AKTUALDETIK.COM - Proses mutasi besar-besaran di kalangan perwira tinggi Polri bakal terjadi sebelum memasuki masa pensiun Kapolri, Jenderal Polisi Idham Azis, Jumat 13/11/2020

Hal itu dikabarkan atas Prediksi pihak Indonesia Police Watch (IPW) dengan alasan sehubungan semakin mendekati masa pensiun Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis pada Januari 2021.

Selain itu diketahui bahwa ada puluhan Jenderal Polisi Polri yang akan memasuki masa pensiun hingga bulan Januari mendatang.

IPW juga menjelaskan bahwa dari pengamatan pihkanya Disebutkan akan ada dua atau tiga Jenderal bintang dua yang akan naik pangkat menjadi bintang tiga (Komjen Pol) dan sekaligus punya kesempatan untuk ikut bursa Kapolri.

,”Para perwira yang naik menjadi bintang tiga itu dipastikan akan masuk dalam bursa calon Kapolri untuk menggantikan Idham Azis,” ungkap Ketua Presidium IPW Neta S.Pane di Jakarta, Kamis (12/11/2021) dilansir Indopos.

Bahkan menurut Neta, dari catatan pihaknya mengatakan bahwa pada 30 Januari 2021 jelang Kapolri Idham Azis pensiun, akan ada banyak perwira Polri memasuki masa pensiun.

,"Yang kita ketahui, setidaknya ada 30 Jenderal Polisi yang akan pensiun saat mendekati masa pergantian Kapolri Januari mendatang," sebut Neta 

Ia menyebutkan, para jenderal itu pensiun mulai dari bulan November dan Desember 2020, lalu Januari 2021. Mereka yang pensiun itu, kata Neta terdiri dari tiga Komisaris Jenderal (Komjen), delapan Inspektur Jenderal (Irjen), dan 19 Brigadir Jenderal (Brigjen). Yang terbanyak adalah alumni Akademi Kepolisian 1986 (Akpol 86) sebanyak 15 jenderal yang pensiun, terdiri dari empat Irjen dan 11 brigjen.

”Untuk Akpol 85 ada 14 jenderal, terdiri dari tiga Komjen, empat Irjen, dan tujuh Brigjen. Untuk Akpol 87 ada satu jenderal yang pensiun dengan pangkat Brigjen. Begitu juga Akpol 88A teman satu angkatan Idham Azis ada satu Brigjen yang pensiun, yakni Brigjen Ahmad Fachruzzaman yang pensiun 10 Januari,” urai Neta.

Dilanjutkan Neta, tiga Komisaris Jenderal (Komjen) yang akan pensiun adalah Kepala BNN Komjen Heru Winarko yang pensiun 1 Desember, Sekjen Kementerian KKP Komjen Antam Novambar, dan Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Didid Widjanardi.

”Dengan adanya tiga Komjen yang pensiun, berarti akan ada tiga perwira Polri yang saat ini berpangkat Irjen akan naik menjadi Komjen. Tiga Pati yang disebut sebut akan naik menjadi bintang tiga itu adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, dan Kapolda Jawa Timur Irjen M Fadil Imran,” ungkap Neta lagi.

Selain itu, lanjut Neta, jika Polri jadi menaikkan pangkat Dankor Brimob dari bintang dua menjadi bintang tiga, maka peluang Dankor Brimob saat ini Irjen Anang Revandoko masuk bursa calon Kapolri terbuka lebar.

”Artinya dengan bergesernya sejumlah jenderal bintang dua menjadi bintang tiga, maka bursa calon Kapolri pengganti Idham Azis akan semakin riuh. Yang pasti sebelum Idham pensiun pada 30 Januari 2021, kepimpinan Kapolri Idham Azis masih akan diuji lagi dengan dua event besar, yakni pengamanan Pilkada Serentak 9 Desember dan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021,” tandas Neta. 

Editor : Feri Sibarani
Sumber : Andrew

Bagi masyarakat yang memiliki informasi atau mengetahui kejadian/peristiwa dimanapun atau ingin berbagi foto dan video, silakan dikirim ke nomor WA:  0812 6830 5177 - Atau EMAIL redaksi : aktualdetik19@gmail.com.
JANGAN LUPA 
Mohon dilampirkan data pribadi


 

Komentar Via Facebook :