Pinangky Janji Hadapkan

Kasus Djoko Tjandra, Ada Percakapan Pinangky Menyebut Jaksa Agung

Kasus Djoko Tjandra, Ada Percakapan Pinangky Menyebut Jaksa Agung

Hubungan Jaksa Pinangky Dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin Disebut Oleh Saksi di PN Jakarta Pusat

JAKARTA AKTUALDETIK.COM - Proses pengungkapan skandal Bank Bali terkait hak tagih, yang melibatkan aktor penting, yakni Tjoko Djandra kini terus bergulir di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu 11/11/2020.

Dalam persidangan mendengarkan saksi atas suap fatwa MA yang dalam hal ini adalah sosok Rahmat, yang menjadi jembatan perkenalan Pinangky dengan Djoko Tjandra pada 12 November 2019 di Gedung The Excahnge 106 Kuala Lumpur, Malaysia. 

Rahmat pun mulai membongkar hubungan kedekatan Pinangky Sirna Malasari dengan Jaksa Agung, ST Burhanuddin, saat dirinya di hadirkan sebagai saksi atas dugaan suap fatwa MA di PN Jakarta Pusat, 9/11/2020.

Saat itu, ia mengaku percaya kepada terdakwa Pinangki Sirna Malasari karena menjalin hubungan dengan sejumlah orang di Kejaksaan Agung. Dasar itulah yang membuat Rahmat mau menjalin hubungan dengan mantan Kepala Sub-bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan itu.

“Rahmat kenal dengan Joko Tjandra. Dia (Rahmat) mengenalkan Pinangki ke Joko Tjandra. Setelah mengenalkan, pertemuan-pertemuan selanjutnya, Pinangki yang berperan, Rahmat hanya sebatas (mengenalkan) itu,” kata Koordinator MAKI, Boyamin Saiman saat dihubungi, Rabu 11 November 2020, dilansir reqnews. 

Sebelumnya, dalam persidangan lanjutan dengan terdakwa Pinangki, Rahmat mendengar dari sejumlah orang bahwa Pinangki memiliki banyak teman di Kejaksaan Agung sehingga mempercayainya.

Rahmat juga mengaku mengenal Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Bahkan Rahmat sudah mengenal Wapres Ma’ruf Amin sejak masih menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sering bepergian berdua.

Pun Rahmat juga acap berfoto dengan Ma’ruf Amin termasuk ketika sudah menjabat sebagai Wapres. Terbaru Rahmat juga punya foto bersama dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Soal ini, Boyamin berpendapat, itu hanya sekadar berfoto dan tidak lebih dari itu. Hubungan Rahmat dengan Burhanuddin itu karena Pinangki.

“JA (ST Burhanuddin) melalui Pinangki seperti pertemuan pada tanggal 12,” kata Boyamin.

Boyamin pernah mengatakan Pinangki diduga pernah menyatakan kepada Anita Kolopaking mantan kuasa hukum Joko Tjandra akan mengantar seseorang berinisial R pada hari Rabu menghadap pejabat tinggi di Kejaksaan Agung.

Ketika melapor ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Boyamin melampirkan dokumen percakapan yang diduga antara Pinangki dengan Anita. Dalam percakapan lewat aplikasi perpesanan WhatsApp itu ada yang menyinggung inisial JA.

Berikut ini percakapan yang diduga Pinangki dan Anita sebagaimana yang termuat dalam dokumen tersebut:

Anita: Met sore mba…

Pinangki: Rabu atau kamis gmn?

Anita: Sy baru selesai meeting. Apa mau skrg ?

Pinangki: Skr jg sama euy

Pinangki: Rabu aja ya

Pinangki: Siang2 gitu

Pinangki: Km raby paginya sy antar rahmat menghadap JA

Editor : Feri Sibarani
Sumber : Andrew

Bagi masyarakat yang memiliki informasi atau kejadian/peristiwa ditengah masyarakat, atau ingin berbagi foto dan video, silakan chat ke 0812 6830 5177
Atau EMAIL redaksi : aktualdetik19@gmail.com
Mohon dilampirkan data pribadi

Komentar Via Facebook :