Hari Kebangkitan Nasional

Maknai perjuangan Bangsa, Polresta Denpasar Peringati Hari Kebangkitan Nasional

Maknai perjuangan Bangsa, Polresta Denpasar Peringati Hari Kebangkitan Nasional

Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas, S.H.,S.I.K., M.Si., Memimpin Secara Langsung Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 115 Tahun 2023, Bertempat di Mapolresta Denpasar, Senin, 22/05/2023.

DENPASAR AKTUALDETIK.COM - Kapolresta Denpasar Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas, S.H., S.I.K, M.Si. memimpin langsung upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 115 tahun 2023 di Mapolresta Denpasar yang diperingati setiap tanggal 20 Mei. (20/5/23)

Hari Kebangkitan Nasional dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama kita seluruh elemen Bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan Bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.

Dalam amanatnya Kapolresta memaparkan bahwa gerakan Perjuangan dalam satu barisan yang utuh yaitu boedi oetomo pada tanggal 20 mei 1908, sejak saat itu gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil dan makmur.

“Terdapat 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama Kebangkitan Nasional yang pertama Memerdekakan cita-cita kemanusian yang kedua Memajukan Nusa dan Bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” jelas Kapolresta.

Beberapa waktu lalu Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status public health emergency of International Concem (pheic) atau darurat kesehatan global untuk covid -19 secara resmi dicabut dan untuk hal itu kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi Covid -19. 

selama 3 tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan dan masalah yang kita hadapi bersama, barisan perjuangan rakyat indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi covid -19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. hal ini menjadi momentum untuk memaknai hari kebangkitan nasional ke -115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.

Selain Peringatan Hari Kebangkitan nasional Bangsa Indonesia juga merayakan berbagai capaian bangsa dan kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita.

Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah kita di berbagai forum Internasional. dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara yakni G 20 di tahun 2022 semakin membawa harun nama ibu pertiwi dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema "Recover Together, Recover Stronger".

Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan keketuaannya dalam forum asean di tahun 2023 yang efektif berlaku sejak tanggal 1 januari 2023 yang lalu. semangat untuk bangkit dan mempercepat pemulihan global pasca pandemi juga dikobarkan di tingkat regional dengan mengusung tema "Asean Matters Epicentrum Of Grouwth".

Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat Kebangkitan Nasional dalam menyambut era pasca pandemi Covid -19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045. mengutip perkataan Dr.soetomo, "generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya".

Dengan semangat yang sama pula, kita mengajak seluruh komponen Bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat Kebangkitan Nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan,” Tutup Kombes Bambang Yugo membaca amanat Hari kebangkitan Nasional (C/S)

Komentar Via Facebook :