Semarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan Dan Sambut Ramadhan 1444 H, Lapas I Medan Tuan Rumah MTQ 2023

Semarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan Dan Sambut Ramadhan 1444 H, Lapas I Medan Tuan Rumah MTQ 2023

Semarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan Dan Sambut Ramadhan 1444 H, Lapas I Medan Tuan Rumah MTQ 2023

MEDAN,AKTUALDETIK.COM

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan tuan rumah kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur”an Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Tahun 2023 untuk tingkat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Bertempat di Aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan. (Senin, 20/03/2023)

Kegiatan dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi Rudi Hartono. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut Bulan Ramadhan 1444 H sekaligus menyemarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59. MTQ WBP tahun 2023 ini diikuti seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) yang ada diwilayah kerja Kanwil Kemenkumham Sumut.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bukti bahwa jajaran Kanwil Kemenkumham Sumut yang diwakili oleh Divisi Pemasyarakatan peduli terhadap pembinaan WBP yang ada. Pembinaan ini menunjukkan kita tidak hanya membina kemandirian WBP dalam mengasah ketrampilan yang di miliki tetapi juga membina mentalnya melalui bimbingan rohani semacam ini, hal ini dimaksudkan agar para pelanggar hukum yang kita bina dapat menyadari kesalahan yang diperbuatnya dan kembali pada fitrahnya”, tutur Rudi.

Sementara itu, Kalapas Kelas I Medan, Maju A. Siburian dalam keterangannya menyampaikan," melalui kegiatan mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita, selain itu mari kita persiapkan WBP sebaik mungkin sebelum Kembali ke masyarakat. Laksanakan pembinaan lebih lanjut bagi WBP yang memiliki bakat-bakat terpendam lainnya," Jelas Kalapas.

Hadir secara virtual Kepala Divisi Pemasyarakatan Rudy Fernando Siantury, turut hadir secara langsung Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan Maju Amintas Siburian, Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan Kriston Napitupulu dan Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan Medan Sekitar.

Berdasarkan data, peserta yang mengikuti kegiatan dibagi berdasarkan ketiga kategori, Kategori anak sebanyak 3 Orang, Dewasa putri sebanyak 7 Orang, dan Dewasa putra sebanyak 32 Orang, berasal dari 36 UPT Pas Kanwil Kemenkumham Sumut.

Untuk juara masing-masing kategori Dewasa putra, Juara I Azmi Sabri (Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku), Juara II Ansor Muda (Lapas Kelas IIB Panyabungan), Juara III Rezy Rey (Lapas Kelas IIA Binjai), untuk kategori Dewasa Putri Terbaik I (Ida Fatmi (Lapas Perempuan Kelas IIA Medan), Terbaik II Misriati (Lapas Kelas IIA Binjai), Terbaik III Citra (Rutan Perempuan Kelas IIA Medan). Kategori Anak-anak Terbaik I, Anjas Pratama (Lapas Kelas IIB Lubuk Pakam), Terbaik II Rahmat Harahap (Lapas Kelas III Kotapinang), Terbaik III Syah Daffah (LPKA Kelas I Medan).
(Ali)

Komentar Via Facebook :