Persembahyangan Bersama

Hari Suci Siwaratri, Petugas dan Warga Binaan Lapas Singaraja Laksanakan Persembahyangan Bersama

Hari Suci Siwaratri, Petugas dan Warga Binaan Lapas Singaraja Laksanakan Persembahyangan Bersama

Perayaan Hari Suci Siwaratri, Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja, Melaksanakan Kegiatan Persembahyangan Bersama, Bertempat di Pura Amerta Kerti dan Wantilan Bina Praja, Jumat, 20/01/2023.

SINGARAJA AKTUALDETIK.COM - Hari Suci Siwaratri jatuh setiap setahun sekali berdasarkan kalender Isaka yaitu pada purwaning Tilem atau panglong ping 14 sasih Kepitu (bulan ke tujuh) dalam perhitungan kalender bali sebelum bulan mati (tilem), dalam kalender Masehi. (20/01/2023)

Kegiatan diawali dengan persembahyangan bersama dilanjutkan dengan Dharma Wacana dari Kementerian Agama kemudian seluruh petugas dan wbp melaksanakan perenungan.

Persembahyangan dilaksanakan di Pura Amerta Kerti dan Wantilan Bina Praja dipimpin langsung oleh Jero Mangku Suartana berlangsung secara khusuk dan khidmat. Kalapas Singaraja “I Wayan Putu Sutresna” dalam kesempatannya menyampaikan agar dalam melaksanakan persembahyangan Siwaratri kita dapat mengintropeksi diri dan merenungkan dosa untuk menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya.

Dharma wacana dilaksanakan oleh 2 orang petugas dari Kementerian Agama. Dalam pemaparannya, “Nyoman Wilasa” menjelaskan bahwa hari Siwaratri adalah momentum penting untuk merenungkan (kontemplasi) segala bentuk ke-papa-an yang telah dilakukan selama hidup. Tidak ada manusia yang sempurna dan tanpa dosa di dunia. Tuhan tetap menyediakan ruang untuk memperbaiki diri bagi umatnya. Cara untuk memperbaiki diri tersebut salah satunya bisa dilakukan dengan melaksanakan brata Siwaratri yang terdiri upawasa (tidak makan dan minum), monabrata (tidak berbicara), dan jagra (tidak tidur). Maksud dari brata tersebut adalah untuk memperoleh kesadaran diri dengan melenyapkan segala bentuk “papa” yang dalam bahasa sansekerta berarti sengsara, neraka, buruk, jahat, dan hina. (C/S)

Komentar Via Facebook :